Rapid Test Dimulai, Pemerintah Temukan Kasus Baru Positif Corona

Rizky Alika
23 Maret 2020, 17:55
rapid test corona, uji cepat corona, virus corona,
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) pendektesian COVID-19 kepada orang dalam pengawasan (ODP) di Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/3/2020).

Pemerintah telah melakukan uji cepat atau rapid test untuk mendeteksi infeksi virus corona atau Covid-19. Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona Achmad Yurianto mengungkapkan, tes tersebut menemukan beberapa orang yang diduga terinfeksi Covid-19.

"Kami mendapatkan beberapa hasil positif meski lebih banyak yang negatif," kata dia melalui video conference di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Senin (23/3). Meski begitu, ia tidak menjelaskan berapa banyak orang yang dinyatakan positif dari hasil rapid test.

Advertisement

Sekadar informasi, rapid test dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk diuji imunoglobulinnya. Pemeriksaan ini disebut lebih cepat dibanding test swab yang selama ini digunakan.

Orang yang mendapatkan hasil rapid test yang positif akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan molekuler, yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR). Bila hasil PCR positif, pasien dinyatakan terinfeksi corona.

(Baca: Pasien Positif Virus Corona di RI Bertambah Lagi jadi 579 Orang)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement