Jokowi Tinjau Wisma Atlet, RS Darurat Corona Digunakan Senin Sore Ini

Rizky Alika
23 Maret 2020, 10:10
Tinjau Wisma Atlet, Jokowi: RS Darurat Corona Bisa Digunakan Sore Ini.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas menyiapkan alat medis di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020). Presiden Jokowi telah meninjau kesiapan RS darurat corona ini dan menyatakan siap digunakan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan Wisma Atlet Kemayoran yang rencananya bakal dijadikan Rumah Sakit Darurat Corona (Covid-19). Menurutnya, rumah sakit tersebut telah memiliki sejumlah sarana  dan peralatan yang siap untuk digunakan sore ini.

"Sarana dan prasarana telah siap, baik ruang penanganan pasien, baik ventilator, semua siap. Alat Pelindung Diri (APD) juga siap," kata dia di RS Darurat Corona, Jakarta, Senin (23/3).

Menurutnya, rumah sakit tersebut memiliki kapasitas tampung 24 ribu orang dan telah disiapkan untuk menampung sekitar 3.000 pasien. Rumah sakit tersebut juga memiliki ruangan khusus untuk pasien, dokter, dan paramedis di tempat yang terpisah.

(Baca: Pemerintah Sebar 105 Ribu APD Atasi Covid-19, Terbanyak di Jakarta)

Mantan Walikota Solo tersebut berharap, rumah sakit darurat corona tersebut tidak perlu digunakan. "Artinya rumah sakit yang ada yang kami siapkan jauh hari sebelumnya itulah diharapkan bisa menangani virus corona ini," ujar dia.

Dalam kunjungannya tersebut, ia didampingi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

Gedung dengan 10 menara tersebut memiliki kapasitas 2.500 kamar. Adapun, rumah sakit tersebut hanya akan digunakan bagi pasien dengan gejala ringan virus corona Covid-19.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...