Wisma Atlet Jadi Rumah Sakit Covid-19, Ada Tiga Zona & Ragam Fasilitas

Pingit Aria
23 Maret 2020, 15:39
Petugas medis memeriksa kesiapan alat di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo yang telah melakukan peninjauan tempat ini memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap dig
ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool/aww.
Petugas medis memeriksa kesiapan alat di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden Joko Widodo yang telah melakukan peninjauan tempat ini memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang, sedangkan saat ini sudah disiapkan untuk tiga ribu pasien.

Wisma Atlet Kemayoran yang semula disiapkan untuk ajang Asian Games 2018 kini beralih fungsi menjadi rumah sakit khusus untuk penderita Covid-19. Rumah sakit bagi mereka yang terjangkit virus corona tersebut mulai beroperasi hari ini.

Presiden Joko Widodo pun meninjau fasilitas tersebut. “Pemerintah Indonesia memastikan bahwa empat tower Wisma Atlet Kemayoran telah selesai diperbaiki dan dirapihkan sehingga siap 100 persen digunakan sebagai Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 sekaligus rumah isolasi khusus bagi para pasien,” kata Jokowi dalam sambutannya, Senin (23/3).

Ia menjelaskan, Wisma Atlet memiliki kapasitas 24 ribu orang. Namun, yang saat ini telah disiapkan adalah untuk 3.000 pasien. Ruang-ruangnya yang telah ditata dengan manajemen rumah sakit untuk pasien, untuk dokter, untuk paramedis.

(Baca: RS Kewalahan, Kemenkes Libatkan Gojek dan Grab untuk Cek Pasien Corona)

RS Darurat Covid-19 dipastikan akan menambah kapasitas tempat tidur rumah sakit di Jakarta. Berikut datanya: 

Hanya dalam empat hari, Wisma Atlet yang pernah digunakan saat perhelatan Asian Games “disulap” menjadi rumah sakit. Proses ini melibatkan berbagai pihak, dari pemerintah, BUMN, hingga swasta.

Nantinya, BUMN akan mensuplai kebutuhan-kebutuhan RS Darurat Penanganan Covid-19 ini, baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri dan masker. Selain itu, jaringan telekomunikasi hingga 500 MB pun akan dipasang.

Ada empat gedung yang sudah diubah menjadi tempat perawatan pasien Covid-19. Khusus  gedung atau Tower  6 dan 7 dilengkapi peralatan seperti laboratorium dan ruang radiologi, ruang isolasi (ICU maupun non ICU) untuk merawat pasien Corona.

(Baca: Atasi Dampak Corona, Bank Dunia Usul BLT, Diskon BPJS & Listrik Gratis)

Pada saat operasional, RS Penanganan Darurat Covid-19 akan dibagi dalam 3 zona :

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...