BKPM Pantau Pengurusan Izin Kesehatan Melonjak sebelum Pandemi Corona

Image title
24 Maret 2020, 21:33
Ilustrasi, logo Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). BKPM mencatat adanya lonjakan pengajuan izin bidang kesehatan sebelum pandemi corona.
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, logo Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). BKPM mencatat adanya lonjakan pengajuan izin bidang kesehatan sebelum pandemi corona.

Pengurusan izin operasional dan komersial bidang kesehatan meningkat pesat, karena pengaruh virus corona.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, izin Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang diterbitkan melalui Online Single Submission (OSS) melonjak sejak awal Februari 2020.

“Di minggu terakhir bulan Januari, jumlah izin kesehatan tercatat 694, sedangkan pekan sebelumnya hanya 391, naik hampir dua kali lipat dalam seminggu. Tren kenaikan ini mencapai puncaknya pada periode 9-15 Maret 2020 yang mencapai 1.255 izin,” ujar Tina Talisa Juru Bicara BKPM dalam keterangannya pada hari Selasa (24/3) di Kantor BKPM.

Sebelum wabah virus corona meluas menjadi pandemi pada akhir Januari 2020, jumlah izin Kemenkes tidak pernah mendominasi dan cenderung stagnan berada di peringkat 5 atau 6 di antara seluruh kementerian/lembaga lain.

Namun, lonjakan yang terjadi di bulan Februari 2020, membuat peringkat jumlah izin Kementerian Kesehatan naik ke peringkat 2. Sedangkan, peringkat 1 selalu ditempati oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

(Baca: BKPM Klaim Investasi Indonesia Tak Menurun Meski Pandemi Virus Corona)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...