Permudah Aktivitas Belajar di Rumah, Telkomsel Gratiskan E-Learning

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Agung Jatmiko

24/3/2020, 20.02 WIB

Layanan Telkomsel, Ilmupedia digratiskan selama 30 hari. Selain Telkomsel, Huawei juga beri bantuan untuk sediakan akses pembelajaran gratis.

Ilustrasi platform MyTelkomsel. Melalui platform MyTelkomsel, mahasiswa dapat mengakses e-learning secara gratis selama 30 hari.
Telkomsel
Ilustrasi platform MyTelkomsel. Melalui platform MyTelkomsel, mahasiswa dapat mengakses e-learning secara gratis selama 30 hari.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

PT Telekomunikasi Indonesia dan Huawei memberikan akses gratis pembelajaran online mahasiswa lewat e-learning. Akses ini diberikan seiring dilakukannya metode pembelajaran di rumah, karena adanya pandemi corona.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, paket bebas biaya 30 GB untuk akses Ilmupedia kini cakupannya diperluas. Tidak hanya untuk akses aplikasi pembelajaran online yang disediakan Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso dan Sekolahmu saja, tapi juga akses gratis e-learning.

Setyanto mengungkapkan, mahasiswa dapat memanfaatkan paket Ilmupedia selama 30 hari sejak tanggal aktivasi melalui aplikasi MyTelkomsel.

Saat ini, paket Ilmupedia 30 GB tanpa biaya sudah dapat digunakan, untuk mengakses situs e-learning lebih dari 100 perguruan tinggi. Jumlah itu menurutnya akan terus berkembang hingga 130 situs e-learning.

"Kami perluas kolaborasi, kini dengan perguruan tinggi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna mengakomodasi kebutuhan belajar online para mahasiswa," ujar Setyanto dalam siaran pers, Selasa (24/3).

(Baca: Telkomsel Gratiskan Kuota 30 GB untuk Pengguna Ruangguru Efek Corona)

Sejak diberlakukannya pembatasan sosial, Telkomsel mencatat adanya peningkatan trafik layanan data sampai 236%, khusus untuk pemanfaatan aplikasi belajar online. Selain memberikan layanan gratis, Telkomsel juga melakukan pengamanan jaringan di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan virus corona seperti kantor pemerintahan dan rumah sakit.

Sementara, perusahaan teknologi asal Tiongkok, Huawei memberi bantuan senilai US$ 2 juta atau Rp 32,7 miliar, untuk kemudahan akses pembelajaran online di Indonesia. Huawei Indonesia akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sediakan akses pembelajaran online secara gratis bagi pelajar.

Dalam siaran pers, Selasa (24/3), Vice President Public Affairs and Communications Huawei Indonesia Ken Qijian mengatakan saat ini seluruh dunia tengah dihadapkan pada situasi krisis penyebaran virus corona. Meski demikian, belajar-mengajar tidak boleh terhenti.

Untuk kalangan mahasiswa, Huawei Indonesia bekerja sama dengan ULearning menggratiskan layanan e-learning di salah satu perguruan tinggi swasta, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kolaborasi dilakukan sejak 24 Maret 2020 hingga pembatasan sosial berhenti.

(Baca: 1 Juta Konsumen Ruangguru Pakai Kuota Gratis, Trafik Telkomsel Meroket)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan