Rekor Baru Emas, Harga Logam Mulia Antam Hampir Rp 1 Juta per Gram

Desy Setyowati
24 Maret 2020, 09:20
Rekor Lagi, Harga Emas Antam Naik Rp 28 Ribu Jadi Rp 919 Ribu per Gram
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi emas Antam

Harga emas dunia kembali naik, setelah melonjak lebih dari 4% pada perdagangan kemarin. Harga logam mulia PT Aneka Tambang Tbk atau Antam pun ikut meroket Rp 28 ribu, sehingga kembali mencetak rekor menjadi Rp 919 ribu per gram pada hari ini (24/3). Salah satu pendorongnya yakni kebijakan The Fed dalam mengatasi  pandemi corona.

Bank sentral Amerika Serikat (AS) itu mengambil langkah agresif untuk meminimalkan dampak pandemi corona terhadap perekonomian. Hal itu disambut positif investor.

Advertisement

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas di pasar spot meningkat 1,4% menjadi US$ 1.575 per ons per Pukul 8.58 WIB. Sedangkan harga emas berjangka di bursa comex naik 1,49% menjadi US$ 1.596 per ons.

Kebijakan yang ditempuh The Fed yakni memangkas suku bunga acuan (Fed Fund Rate) dua kali dalam sebulan, menjadi hanya 0-0,25%. Lalu, berencana memberikan pinjaman baik kepada mahasiswa maupun pengguna kartu kredit.

(Baca: Harga Emas Dunia Turun, Logam Mulia Antam Ikut Anjlok Rp 9.000/Gram)

Bank sentral AS juga akan membeli obligasi korporasi dan memberikan pinjaman langsung kepada perusahaan. "The Fed meluncurkan meriam terbesarnya yang terlihat sampai saat ini - bahkan lebih besar dari pada krisis keuangan besar," kata Head of base and precious metals derivatives trading di BMO Tai Wong dikutip dari Reuters, Selasa (24/3).

Meski begitu, menurutnya harga emas berfluktuatif di tengah pandemi corona. “Pasar bereaksi secara instan dengan ekuitas dan emas yang melonjak,” kata Wong. “Tes asam di sini adalah apakah optimisme ini akan bertahan lebih dari sehari.”

Sebagaimana diketahui, harga emas memang sempat menyentuh level setinggi US$ 1,702.56 per ons pada 9 Maret atau melonjak 13% dari akhir tahun lalu. Namun, sepanjang bulan ini saja, harganya turun hampir 2%.

(Baca: Harga Emas Dunia Naik, Logam Mulia Antam Justru Turun Rp 12 Ribu/Gram)

Menurut analis OANDA Craig Erlam, hal itu terjadi karena investor mengambil untung supaya memiliki uang tunai, untuk berjaga-jaga di tengah pandemi corona.

Di dalam negeri, berdasarkan situs logammulia.com, harga emas Antam naik Rp 28 ribu menjadi Rp 919 ribu per gram pada perdagangan hari ini. Harga emas penjualan kembali (buyback) juga naik Rp 26 ribu menjadi Rp 836 ribu per gram.

Harga emas batangan Antam di Butik Logam Mulia berdasarkan data logammulia.com pada Selasa (24/3) sebagai berikut:

Emas batangan 0,5 gram Rp 484.000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement