Pemerintah Butuh 4.000 Relawan Covid-19, Dokter hingga Sopir Ambulans

Agatha Olivia Victoria
26 Maret 2020, 17:38
virus corona, covid-19, pandemi corona, covid-19, relawan
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama.
Ilustrasi. Pemerintah membutuhkan 1.500 dokter dan 2.500 relawan untuk menjadi perawat hingga supir ambulans guna membantu penanganan virus corona.

Pemerintah mengajak masyarakat untuk ikut serta membantu penanganan wabah virus corona. Saat ini, dibutuhkan 1.500 dokter, terutama dokter umum, dokter spesialis paru, dokter spesialis anestesi, serta pranata lab untuk menjadi relawan.

Selain itu, dibutuhkan pula 2.500 relawan untuk bekerja sebagai perawat, administrasi rumah sakit, hingga sopir ambulans. “ini semua kami terima dan kami panggil sebagai relawan untuk persiapan menghadapi pandemi ini,” ujar Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19 Andre Rahardian di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (26/3).

Advertisement

Para dokter, perawat, pegawai administrasi rumah sakit, hingga sopir ambulans tersebut akan berada di gugus depan dalan menangani pasien di rumah sakit. Sementara para relawan yang merupakan mahasiswa tingkat akhir akan menjadi lapis kedua yang bertugas dalam upaya pencegahan corona.

“Teman-teman mahasiswa akan membantu konsultasi, baik psikologis maupun medis yang akan dilakukan melalui platform online,” kata Andre.

(Baca: Pasien Meninggal Dunia Akibat Virus Corona Melonjak Jadi 78 Orang)

Andre mengatakan, pendaftaran relawan sudah bisa dilaksanakan melalui situsweb resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Pemerintah pun akan mengajak masyarakat mendaftar jadi relawan secara masif mulai Jumat (27/3).

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement