Sri Mulyani Imbau Jajarannya Ikuti Protokol Cegah Penyebaran Corona

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Ratna Iskana

26/3/2020, 20.49 WIB

Sri Mulyani ingin 80 ribu pegawai Kemenkeu bekerja dari rumah, sering mencuci tangan, dan atur jarak sosial untuk mencegah penyebaran virus corona.

sri mulyani, virus corona
instagram/@smindrawati
Ilustrasi, Menteri Keuangan Sri Mulyani menggunakan aplikasi conference call saat menerapkan kerja dari rumah alias work from home. Sri meminta jajarannya mengikuti protokol pemerintah terkait pencegahan infeksi virus corona.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pentingnya menerapkan protokol pencegahan infeksi virus corona. Sebab, dia tidak ingin pegawai Kementerian Keuangan yang berjumlah 80 ribu orang terpapar Covid-19.

Oleh karena itu, dia mengimbau para pimpinan Kemenkeu bisa mengikuti pedoman dan surat edaran yang telah disampaikan pemerintah."Tolong lindungi aset terbesar Kemenkeu, 80.000 pegawai yang saya cintai, untuk saya," kata Sri Mulyani dalam akun Instagram resminya seperti dikutip pada Kamis (26/3).

Salah satu cara yang harus diterapkan dalam mengantisiapasi penyebaran virus corona yaitu memberi jarak sosial atau social distancing. Selain itu, dia berharap pegawai Kemenkeu tak panik belanja atau panic buying di tengah persebaran virus corona di Indonesia.

"Setiap langkah kecil yang dilakukan untuk menerapkan social distancing, tidak panic buying, patuh mengikuti instruksi dan protokol pemerintah, itu menjadi sangat berarti untuk percepatan penanganan wabah ini," kata Sri Mulyani.

(Baca: Mulai 1 April, Pelaku Usaha Terdampak Corona Dapat 4 Insentif Pajak)

Selain itu, dia menyebut agar proses bekerja dari rumah bisa diterapkan dengan memaksimalkan kinerja pegawai Kemenkeu. Namun, jika memang ada pekerjaan yang sifatnya darurat dan memang harus dilakukan di kantor,

Kemudian, untuk para pegawai yang masih tetap harus memberikan pelayanan di garis depan, Mantan Direktur Bank Dunia ini mengapresiasi semua pengorbanan mereka. Dirinya mengimbau agar kecukupan alat kesehatan dan daya tahan tubuh yang baik bisa selalu mendampingi para pegawai tersebut.

"Terapkan prosedur mencuci tangan sesering mungkin dan social distancing,"kata dia.

Dia juga meminta 80 ribu jajarannya bisa membantu menyebarkan informasi yang menenangkan untuk masyarakat. Pasalnya, banyak keresahan masyarakat yang mengemuka saat ini.

(Baca: Bakal Rombak APBN 2020, Sri Mulyani: Asumsi Makro Berubah Luar Biasa)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan