Corona Meluas, China Larang Warga Asing Masuk Mulai Nanti Malam

Image title
Oleh Ekarina
27 Maret 2020, 08:03
Corona Meluas, China Larang Warga Asing Masuk Mulai Nanti Malam.
ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer
. Seorang bersepeda di jalan utama di Wuhan, pusat terjadinya penularan virus corona baru, Kamis (20/2/2020). Tiongkok akan melarang warga asing masuk negaranya mulai nanti malam guna mencegah penularan virus corona.

Pemerintah Tiongkok akan melarang sebagian besar warga asing memasuki negaranya mulai Jumat (28/3) tengah malam. Kebijakan ini ditempuh guna mencegah penyebaran virus corona masuk Tiongkok melalui kasus impor.

Namun, pemerintah Negeri Panda akan memberi pengecualian untuk visa transit dan warga asing yang datang melalui Hong Kong dan Makau dengan izin masuk jangka pendek. Visa masuk yang dikeluarkan untuk warga asing juga akan ditangguhkan sementara.

Advertisement

"Mengingat penyebaran virus korona baru di seluruh dunia semakin cepat, Tiongkok telah memutuskan untuk sementara waktu menangguhkan masuknya warga asing dengan visa dan izin tinggal yang berlaku," kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok seperti dilansir dari South China Morning Post. 

(Baca: Kasus Virus Corona di AS Lampaui Tiongkok, 1 Ventilator untuk 2 Pasien)

Kementerian Luar Negeri menegaskan, ini merupakan tindakan sementara yang harus diambil pemerintah Tiongkok untuk menanggapi situasi pandemi saat ini, merujuk pada kasus di banyak negara.

"Tiongkok akan menyesuaikan langkah-langkah di atas sesuai dengan situasi epidemi melalui pengumuman terpisah," tambah Kemenlu Tiongkok.

Seperti diketahui, pandemi corona yang terjadi secara global saat ini bermula dari Wuhan, Tiongkok. Namun kini, pusat wabah telah bergeser ke wilayah lain di dunia, termasuk Eropa Selatan dan beberapa kota terbesar di AS.

Pihak berwenang Tiongkok telah menerapkan langkah karantina wiayah atau lockdown guna mengunci  penyebaran virus yang juga disebut Covid-19, mulai akhir Januari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement