G20 Bakal Suntik Dana Rp 80.000 Triliun Redam Dampak Corona

Agustiyanti
27 Maret 2020, 14:18
G20, KTT G20, pandemi corona, ekonomi global, resesi
ANTARA FOTO/REUTERS/Markus Schreiber/pool
Ilustrasi. Para pemimpin 20 menyatakan akan menyuntikkan lebih dari US$ 5 triliun ke dalam ekonomi global untuk meredam dampak pandemi corona.

Para pemimpin negara G20 berjanji menyuntikkan stimulus perekonomian lebih dari US$ 5 triliun untuk meredam dampak pandemi corona.

Kesepakatan dalam konferensi tingkat tinggi secara virtual yang digelar tadi malam menunjukkan persatuan dan koordinasi yang jauh lebih erat dibandingkan saat krisis keuangan 2008-2009.

Advertisement

"G20 berkomitmen untuk melakukan apa pun untuk mengatasi pandemi, bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia dan lembaga internasional lainnya," tulis keterangan resmi bersama para pemimpin G20, dikutip dari Reuters, Jumat (27/3).

Pernyataan resmi yang dituangkan para pemimpin G20 memuat bahasa paling damai dalam hubungan perdagangan internasional selama bertahun-tahun. Mereka berjanji untuk memastikan aliran pasokan medis vital dan barang-barang lainnya melintasi perbatasan dan untuk menyelesaikan gangguan rantai pasokan.

Namun, tak ada seruan untuk menghentikan langkah sejumlah negara yang melarang ekspor pasokan medis.

“Tindakan darurat yang bertujuan melindungi kesehatan akan ditargetkan, proporsional, dan transparan,” kata mereka.

(Baca: Pandemi Corona, IMF Bakal Cairkan Pinjaman Rp 2 Trilun Bantu Kirgistan)

Para pemimpin G20 juga menyatakan keprihatinan tentang risiko terhadap negara-negara rapuh, terutama di Afrika dan negara yang sebagian penduduknya mengungsi. Dibutuhkan jaring pengaman keuangan global dan sistem kesehatan nasional.

Arab Saudi yang menjadi ketua G20 mengadakan KTT melalui konferensi video di tengah kritikan terkait respons yang lambat dari kelompok negara tersebut untuk mengantasi pandemi. Wabah virus corona telah menginfeksi lebih dari 500 ribu orang di seluruh dunia dan menewaskan hampir 24 ribu orang, serta diperkirakan akan memicu resesi global.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement