Penggunaan WhatsApp dan Instagram Melonjak 40% Selama Pandemi Corona

Fahmi Ahmad Burhan
27 Maret 2020, 19:47
media sosial, whatsapp, instagram, virus corona
PXHERE.COM
Ilustrasi, WhatsApp. Penggunaan media sosial seperti Whatsapp dan Instagram melonjak di atas 40% selama pandemi virus corona.

Penggunaan media sosial seperti WhatsApp dan Instagram mengalami lonjakan hingga 40% selama pandemi virus corona. Sebab, banyak orang menggunakan media sosial untuk berkomunikasi di tengah karantina wilayah atau lockdown.

Survei Firma konsultan Kantar menyatakan pengguna WhatsApp terus tumbuh dari hari ke hari. Pada hari-hari awal pandemi,  penggunaan aplikasi tersebut secara global melonjak sampai 27% kemudian melonjak hingga 40%. 

Advertisement

Sedangkan penggunaan WhatsApp khusus di negara-negara yang sudah dalam fase krisis pandemi melonjak hingga 51%. "Di pasar individu, penggunaan itu mungkin bahkan lebih tinggi lagi," kata Kantar dikutip TechCrunch pada Jumat (27/3).

Seperti contoh, penggunaan WhatsApp di Spanyol meroket hingga 76%. Lebih lanjut Kantar menyebut rentang usia 18 hingga 34 tahun paling banyak menggunakan media sosial itu.

(Baca: Trafik Melonjak di Tengah Pandemi Corona, Netflix Sempat Down)

Begitu juga dengan media sosial milik Facebook lainnya Instagram. Dalam demografi yang sama, penggunaan Instagram juga melonjak lebih dari 40%.

Berdasarkan data Facebook, total pesan pada platform baik Messenger, Instagram, maupun WhatsApp naik lebih dari 50% pada Maret dibandingkan bulan lalu. Facebook juga mengklaim panggilan grup yang mencakup tiga atau lebih peserta naik lebih dari 1.000% sejak bulan lalu.

"Tampilan Instagram dan Facebook Live juga berlipat ganda dalam waktu sepekan," ujar pernyataan Facebook dikutip TechCrunch.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement