Rilis KInerja Kinclong, Harga Saham Dua Perusahaan Properti Melonjak

Image title
27 Maret 2020, 21:56
BSDE, SMRA, saham, properti
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Ilustrasi, foto udara proyek pembangunan komplek perumahan di kawasan BSD City Tangerang, Banten, Selasa (31/12/2019). Emiten properti PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) mencatat kenaikkan harga saham pada perdagangan hari ini, Jumat (27/3) karena kinerja perusahaan yang bagus pada tahun lalu.

Perusahaan properti PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) mencatatkan kinerja keuangan yang ciamik pada tahun lalu. Alhasil, harga saham kedua emiten tersebut meroket pada hari ini, Jumat (27/3).

BSDE mencatat laba bersih sepanjang tahun lalu mencapai Rp 2,79 triliun atau tumbuh hingga 115,8% dibandingkan dengan  2018 sebesar Rp 1,29 triliun. Pertumbuhan yang pesat itu disumbang oleh naiknya pendapatan usaha perusahaan.

Sepanjang 2019, BSDE membukukan pendapatan senilai Rp 7,08 triliun atau tumbuh 6,6% dibandingkan tahun sebelumnya Rp 6,62 triliun. Kontribusi pendapatan perusahaan dari penjualan tanah dan bangunan yang meningkat Rp 5 triliun atau tumbuh 11,9% secara tahunan dari Rp 4,47 triliun.

Selain itu, BSDE menjalankan beberapa aksi korporasi pada tahun lalu, di antaranya penjualan kepemilikan saham di PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN), penempatan investasi pada DIRE Simas Plaza Indonesia, dan pembelian saham PT Plaza Indonesia Mandiri (PIM).

(Baca: Lampaui Target, Penjualan Properti BSD Rp 6,5 Triliun pada 2019)

Dari aksi korporasi itu saja, perusahaan membukukan keuntungan senilai Rp 864,86 miliar. Selain itu, perusahaan membukukan penghasilan lain-lain senilai Rp 472,08 miliar pada tahun lalu. Sedangkan pada 2018, BSDE justru mencatat beban dan lain-lain sebesar Rp 467,61 miliar.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...