Pandemi Corona, Anies Minta RT/RW Beri Perhatian Khusus pada Lansia

Image title
30 Maret 2020, 21:29
pandemi corona, virus corona, covid-19, Jakarta, lansia, orang tua, anies baswedan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut RT/RW harus mengidentifikasi para lansia di lingkungannya lantaran merupakan kelompok paling rentan jika terinfeksi Covid-19.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal memberikan perhatian khusus bagi orang tua yang tinggal sendirian untuk mencegah risiko kematian akibat virus corona. Orang tua yang memiliki riwayat penyakit kronis memiliki risiko kematian yang tinggi jika terserang Covid-19. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya telah menginstruksikan seluruh aparatur pemerintah di tingkat RT/RW antara lain dasawisma, dan PKK untuk mendata kelompok masyarakat yang rentan jika terinfeksi virus corona. Mereka adalah warga berusia 60 tahun yang memiliki penyakit diabetes, jantung, paru, tekanan darah tinggi, atau penyakit lainnya. 

"Mereka bertugas untuk mengidentifikasi di lingkungannya, melakukan sosialisasi cara-cara mencegah dari penularan. Jika lansia yang tinggal sendirian, harus ada pendampingan khusus," ujar Anies dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (30/3). 

(Baca: Ini Lokasi Kelurahan di DKI Jakarta dengan Pasien Corona Terbanyak)

Petugas RT/RW harus memberikan dukungan agar para lansia tersebut tetap bertahan di rumah tanpa harus pergi ke luar untuk memenuhi kebutuhannya.

Anies juga mendesak masyarakat agar serius dan melaksanakan pembatasan jarak secara tertib guna memutus penularan virus corona. Kasus penyebaran virus corona di Jakarta saat ini makin mengkhawatirkan.

"Kami minta seluruh masyarakat untuk serius dalam melaksanakan pembatasan jaga jarak atau biasa disebut sekarang physical distancing untuk mencegah penularan, ini harus dikerjakan secara amat serius," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...