Skenario Terburuk Kematian Akibat Corona di AS Capai 100 Ribu Orang

Ameidyo Daud Nasution
31 Maret 2020, 13:56
virus corona, amerika serikat, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Andrew Kelly/wsj/dj
Kapal induk USNS Comfort melewati Patung Liberty saat memasuki Pelabuhan New York, Amerika Serikat, Senin (30/3/2020). AS menyiapkan skenario terburuk kematian akibat virus corona mencapai 100 ribu atau lebih.

Jumlah nyawa yang melayang akibat pandemi virus corona Covid-19 di Amerika Serikat bisa mencapai 100 ribu atau lebih. Hal ini dikatakan ahli penyakit infeksi yang juga anggota gugus tugas Covid-19 Gedung Putih yakni Dr Anthony Fauci.

Fauci mengatakan angka tersebut berbasis model skenario terburuk yang dibuat pihaknya. Hingga hari Selasa (31/3) pukul 13.00 WIB, jumlah kasus Covid-19 di Negeri Paman Sam itu mencapai 164.266 dengan 3.170 pasien meninggal dunia.

Advertisement

Meski demikian, Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases itu mengatakan bisa saja situasinya tak memburuk seperti perkiraannya. “Secara umum, kenyataan (realisasinya) biasanya berada di tengah (skenario terburuk dan terbaik),” kata Fauci dkutip dari CNN, Selasa (31/3).

(Baca: Cegah Corona Masuk, Pemerintah Setop Kedatangan WNA dari Luar Negeri)

Sedangkan Presiden AS Donald Trump mengatakan apabila negara adidaya tersebut mampu menahan angka kematian sekitar 100 ribu akan menjadi capaian bagus. Dia juga meramal puncak penyebaran corona di AS akan terjadi dua pekan lagi.

“Kami bisa prediksi bahwa awal Juni sudah mulai tahap pemulihan,” kata Trump hari Senin (30/3) dikutip dari The Guardian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement