Jika Jadi Trump, Bill Gates Tiru Langkah Tiongkok Atasi Pandemi Corona

Fahmi Ahmad Burhan
1 April 2020, 12:41
Jika Jadi Trump, Bill Gates Tiru Langkah Tiongkok Atasi Pandemi Corona
Arief Kamaludin|KATADATA
Pendiri Microsoft Bill Gates

Pendiri Microsoft Bill Gates menilai, pemerintah perlu menerapkan karantina wilayah (lockdown) secara nasional untuk menekan penyebaran virus corona. Jika menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, ia mengaku akan meniru cara Tiongkok mengatasi pandemi corona.

Secara keseluruhan, menurutnya kebijakan jaga jarak secara fisik (physical distancing) dan lockdown akan berdampak terhadap perubahan iklim. Salah satunya, penggunaan energi yang menurun.

Dalam jangka panjang, menurutnya upaya untuk mengendalikan pandemi corona akan memfasilitasi perang melawan perubahan iklim. “Saya tidak berpikir ini suatu kemunduran besar bagi iklim," kata Gates dalam acara TED Talk secara online, dikutip dari CNBC Internasional, kemarin (31/3).

(Baca: Akses Kota Asal Virus Corona, Wuhan Akhirnya Dibuka)

Sejalan dengan hal itu, menurutnya pemerintah AS bisa menerapkan lockdown untuk menekan penyebaran covid-19 di samping pengaruhnya terhadap lingkungan. Pembawa acara TED Talk, Chris Anderson pun bertanya kepada Gates tentang apa yang akan dia lakukan jika menjadi presiden, dalam mengatasi pandemi corona.

Ia menjawab bahwa prioritas utamanya yakni mengisolasi masyarakat AS, guna ‘meratakan kurva’ pandemi corona. “Kita tidak punya pilihan untuk mempertahankan isolasi (yang sudah diterapkan) ini,” ujar dia dikutip dari The Sun.

Bahkan, menurutnya pemerintah bisa meniru cara Tiongkok. "Dalam kasus di Tiongkok, itu enam minggu (lebih lockdown). Jadi kita harus mempersiapkan diri untuk itu dan melakukannya dengan sangat baik,” kata Gates.

(Baca: Warga AS yang Ajukan Tunjangan Pengangguran Melonjak Imbas Corona)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...