Jokowi Sebut Rumah Sakit Darurat Corona di Pulau Galang Siap Digunakan

Dimas Jarot Bayu
1 April 2020, 14:43
corona, pandemi corona, rumah sakit darurat di pulau galang
ANTARA FOTO/M N Kanwa/ama.
Simulasi para tim medis menurunkan pasien positif terjangkit COVID-19 dari pesawat Hercules C-130 untuk dimasukkan kedalam mobil ambulas, di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (26/3/2020).

Presiden Joko Widodo menyatakan Rumah Sakit Darurat di Pulau Galang, Kepulauan Riau, siap digunakan untuk penanganan pasien penderita virus corona atau Covid-19. Rumah sakit tersebut akan beroperasi selambat-lambatnya pada Senin (6/4) pekan depan.

Jokowi meninjau RS Darurat tersebut hari ini dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang dan masker. Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Doni Monardo, dan Plt Gubernur Kepulauan Riau Isdianto.

Usai meninjau sekitar sekitar 30 menit, Jokowi menyatakan renovasi RS Darurat Pulau Galang memang meleset dari target awal pada 28 Maret 2020. "Memang ada keterlambatan 3-4 hari karena ada transportasi bahan material terkendala cuaca," kata Jokowi dalam telekonferensi pers di sela peninjauan rumah sakit darurat tersebut, Rabu (1/4).

(Baca: Wisma Atlet di Kemayoran Disiapkan Tampung 22.200 Pasien Corona)

Jokowi mengatakan, rumah sakit khusus di Pulau Galang ini bakal memiliki 360 tempat tidur. Kemudian, ada 20 ruangan isolasi yang dilengkapi dengan ICU dan 30 ruangan isolasi yang tak dilengkapi dengan ICU. "Ya semuanya ini memang kami rencanakan dan siapkan," kata Jokowi.

Kepala Negara mengatakan, rumah sakit khusus di Pulau Galang bakal digunakan untuk menangani para pasien corona untuk sementara waktu. Peruntukkannya seperti rumah sakit darurat di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Setelah penanganan corona selesai, Jokowi menyebut rumah sakit khusus di Pulau Galang akan digunakan sebagaimana fungsi awalnya. Selain itu, rumah sakit khusus tersebut akan melakukan berbagai riset terkait penyakit menular. "Kalau semuanya selesai, baru kita alihkan untuk penggunaan lain," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...