Pemerintah Akan Gunakan Mesin Uji Penyakit TBC untuk Deteksi Corona

Dimas Jarot Bayu
1 April 2020, 18:21
corona, pandemi corona, TCM, tes penyakit TBC
ANTARA FOTO/Paramayuda/hp.
Petugas medis melakukan rapid test covid-19 dari sampel darah sejumlah penduduk di stadion Patriot Candrabhaga, kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (26/3/2020).

Pemerintah berencana menggunakan mesin tes cepat molekuler (TCM) untuk memeriksa virus corona atau Covid-19. Tujuannya agar pemeriksaan corona dapat semakin cepat, namun juga akurat.

Selama ini, pemerintah menggunakan menggunakan dua model pemeriksaan, yakni dengan polymerase chain reaction (PCR) dan rapid test. Hanya saja, pemeriksaan dengan PCR selama ini butuh waktu panjang karena terbatasnya laboratorium.

Sementara, rapid test yang bisa dilakukan dengan cepat dianggap tak cukup akurat. Hasil rapid test pun perlu diverifikasi kembali dengan PCR.

“Kami akan memanfaatkan mesin pemeriksaan TCM yang selama ini sudah tersedia pada lebih 132 rumah sakit dan kemudian di beberapa puskesmas yang terpilih,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (1/4).

(Baca: Pengusaha RI Kembangkan Alat Uji untuk Deteksi Covid-19 dalam 10 Menit)

TCM merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit TBC dalam waktu 90 menit. Namun, Yurianto menyebut mesin tersebut dapat pula mendeteksi corona dengan konversi cartridge khusus.

Yurianto mengatakan, cartridge khusus untuk mesin TCM ini akan mulai tersedia hari ini atau besok. “Ini untuk melakukan uji coba mesinnya,” kata Yurianto.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...