Impor dari Tiongkok Anjlok, Defisit Perdagangan AS Terendah Sejak 2016

Agustiyanti
2 April 2020, 22:36
pandemi virus corona, pandemi corona, virus corona, defisit perdagangan, amerika serikat, tiongkok
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Er
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyerukan sempat perang dagang pada 2018-2019 guna menurunkan defisit perdagangan AS yang sebagian besar disebabkan Tiongkok.

Defisit neraca perdagangan Amerika Serikat turun mendekati level terendah dalam 3,5 tahun terakhir pada Februari karena pandemi virus corona menyebabkan impor dari Tiongkok anjlok ke level terendah sejak 2009.

Dikutip dari Reuters, Departemen Perdagangan AS mengatakan pada Kamis (2/4) bahwa defisit perdagangan turun 12,2% menjadi US$ 39,9 miliar, level terendah sejak September 2016. Sedangkan penurunan defisit secara presentase merupakan yang terbesar sejak Maret 2018.

Advertisement

Data defisit pada Januari direvisi dari US$ 45,3 miliar pada laporan sebelumnya menjadi US$ 45,5 miliar, bukan $ 45,3 miliar seperti yang dilaporkan sebelumnya. Ekonom yang disurvei oleh Reuters sebelumnya memperkirakan defisit perdagangan akan turun menjadi US$ 40 miliar pada Februari.

Ketika disesuaikan dengan inflasi, defisit perdagangan barang anjlok US$ 9 miliar menjadi $ 69 miliar pada Februari. Angka ini terendah sejak Februari 2015.

(Baca: Klaim Pengangguran AS Meningkat Dua Kali Lipat jadi 6,65 Juta Orang)

Ekonomi AS, bagaimanapun, diyakini telah berkontraksi pada kuartal pertama seiring langkah-langkah pembatasan pergerakan orang oleh negara-negara bagian dan pemerintah daerah guna mengendalikan penyebaran virus korona. Ini memicu gelombang PHK dan menyebabkan kontraksi ekonomi secara kuartalan pertama sejak awal 2014.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement