Tak Ada Transisi, Pertagas Tetap Bangun Pipa Minyak di Blok Rokan

Image title
2 April 2020, 15:56
pertamina, pertamina gas, blok rokan, chevron
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pekerja Pertamina Gas atau Pertagas. Anak usaha Pertamina, Pertagas, tetap melanjutkan rencana pembangunan pipa minyak di Blok Rokan. Meski induk usaha dan Chevron selaku operator blok tersebut tak jadi melaksanakan transisi alih kelola.

Pertamina dan Chevron hingga kini belum menyepakati transisi di Blok Rokan. Biarpun begitu, Pertamina Gas atau Pertagas bakal melanjutkan pembangunan pipa minyak di blok tersebut.

Direktur Utama Pertagas Wiko Migantoro mengatakan pihaknya tinggal menunggu persetujuan Final Investement Decision (FID). Dia berharap FID segera rampung sehingga Pertagas bisa mulai konstruksi pada akhir April 2020.

Dengan begitu, pembangunan pipa minyak sepanjang 340 kilometer itu bisa selesai pada Agustus 2021. Target tersebut sesuai dengan jadwal alih kelola Blok Rokan dari Chevron ke Pertamina.

"Kami masih proses persetujuan FID. Secara pararel, kami proses procurement juga. Sehingga ketika FID didapat langsung eksekusi," kata Wiko ke Katadata.co.id pada Rabu (1/4).

(Baca: SKK Migas Minta Chevron Mengebor 100 Sumur di Blok Rokan)

Lebih lanjut, Wiko menyebut pembangunan pipa minyak tak terganjal masalah lahan. Meskipun, wilayah kerja Rokan masih dioperasikan oleh Chevron. "Sementara tidak ada masalah," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...