Bentuk Panja Pekan Depan, DPR Lanjutkan Membahas Omnibus Law di Baleg

Image title
3 April 2020, 06:36
Ilustrasi, suasana rapat Badan Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (Baleg DPR). Pada Kamis (2/4), DPR memutuskan pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja akan dilanjutkan di Baleg dengan pembentukan panitia kerja (Panja).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi, suasana rapat Badan Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (Baleg DPR). Pada Kamis (2/4), DPR memutuskan pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja akan dilanjutkan di Baleg dengan pembentukan panitia kerja (Panja).

Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja diputuskan akan dibahas di Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat (Baleg DPR). Keputusan ini diambil dalam rapat paripurna ke-13 DPR, masa persidangan III tahun 2019-2020.

Mengutip Antara, (2/4), keputusan mengenai kelanjutan pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja ini dibacakan oleh Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, setelah sebelumnya telah dibahas melalui rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus), pada hari Rabu (1/4).

Advertisement

"Persetujuan terhadap surat presiden tanggal 7 Februari 2020 berkenaan RUU tentang Cipta Kerja yang telah dibahas dalam rapat konsultasi pengganti Bamus pada tanggal 1 April 2020 disepakati untuk diteruskan ke tingkat Badan Legislasi," kata Azis, dikutip dari Antara, Kamis (2/4).

Azis menjelaskan, agenda pada rapat paripurna yang dilakukan pada hari Kamis (2/4) dilakukan untuk menguatkan pijakan hukum dan hukum normatif. Sementara, kesepakatan telah didapatkan dari para pimpinan fraksi pada  saat rapat konsultasi pengganti Bamus, yang dihadiri juga oleh sembilan pimpnan fraksi.

"Seluruh fraksi bulat pada saat rapat konsultasi pengganti Bamus, (sudah) disepakati agenda-agenda yang saya bacakan," kata Azis.

(Baca: Pemerintah Sebut Omnibus Law Jadi Solusi PHK Seperti Indosat dan Aice)

Selanjutnya, Baleg akan membentuk panitia kerja (Panja), yang ditargetkan akan dibentuk pekan depan, yakni Panja RUU Omnibus Law Cipta Kerja. Pandemi corona, dikatakan Wakil Ketua Baleg Achmad Baidowi, tidak akan menghambat program legislasi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement