Gubernur Ganjar Anggarkan Rp 1,4 Triliun Tangani Corona di Jawa Tengah

Dimas Jarot Bayu
3 April 2020, 19:01
jawa tengah, pandemi corona, ganjar pranowo, covid-19
ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan anggaran Rp 1,4 triliun untuk melawan Covid-19.

Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah menganggarkan dana sebesar Rp 1,4 triliun untuk penanganan virus corona Covid-19. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan bahwa dana tersebut salah satunya akan digunakan untuk program jaring pengaman sosial.

Ganjar menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng mencatat ada 1,8 juta penduduk yang tak bisa lagi bekerja karena terdampak corona. Nantinya, mereka akan mendapat bantuan sosial dari pemerintah. Bantuan sosial juga akan diberikan kepada kelompok yang rentan, orang tua, anak-anak, dan para penyandang disabilitas.

“Jaminan yang ada kita pastikan sampai kepada mereka,” kata Ganjar dalam webinar 'Kesiapan Daerah Hadapi Pandemi Covid-19' yang diselenggarakan Katadata.co.id, Jumat (3/4).

(Baca: Gubernur Ganjar Akui Jawa Tengah Rentan Hadapi Corona)

Selain untuk jaring pengaman sosial, Ganjar menjelaskan bahwa dana tersebut juga akan digunakan untuk memasok alat-alat kesehatan di rumah sakit untuk penanganan corona. Dia menyebutkan ada 61 rumah sakit yang disiapkan untuk penanganan corona di Jateng.

Rencananya, Ganjar akan menambah jumlah rumah sakit yang ada di kabupaten/kota untuk menangani pasien Covid-19. “Ini yang lebih kecil lagi kami minta kabupaten/kota untuk menyampaikan kepada kami, lalu kami hitung berapa dokter dan APD yang dibutuhkan,” katanya.

Ganjar juga menyampaikan bahwa pihaknya tengah menyiapkan anggaran untuk masa pemulihan usai penanganan corona. Anggaran tersebut nantinya akan diambil dari pengalihan dana belanja modal, pembangunan infrastruktur, hingga perjalanan dinas.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...