Kesehatan Warga Jatim Dinilai Rentan, Pemprov Siapkan Mitigasi Corona

Rizky Alika
3 April 2020, 19:13
Kesehatan Penduduk Jawa Timur Rentan, Wagub Siapkan Mitigasi Corona.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri), Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (tengah). Pemprov Jatim menyatakan telah melakukan sejumlah mitigasi guna antisipasi penyebaran virus corona.

Riset Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan wilayah Jawa Timur memiliki kerentanan dalam menghadapi pandemi corona (Covid-19) dari sisi risiko kesehatan penduduk. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak pun telah menyiapkan sejumlah antisipasi agar masyarakat tidak tertular corona.

"Kami telah melakukan hal strategis untuk mencegah risiko covid-19," kata Emil dalam press briefing online katadata.co.id bertajuk "Kesiapan Daerah Hadapi Pandemi Covid-19", Jumat (3/4).

Ia mengatakan, jumlah penduduk lanjut usia di Jawa Timur cukup tinggi.  Hal tersebut menjadikan para masyarakat berusia lanjut berisiko tertular virus corona.

(Baca: Tangani Corona di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo Anggarkan Rp 1,4 Triliun)

Emil mencatat, sebanyak 33% penduduk Jawa Timur bekerja di sektor industri dan 20% lainnya pada sektor perdangangan. Selain itu, banyak pekerja pada sektor pertanian sehingga memiliki interaksi tinggi.

Oleh karena itu, pihaknya telah melakukan mitigasi seperti mengimbau industri untuk menerapkan protokol kesehatan terhadap para pekerja. Berdasarkan survei yang pihaknya lakukan terhadap 100 pabrik besar di Jawa Timur, sebanyak 55 ribu pekerja telah menggunakan masker dan penyanitasi tangan saat bekerja.

Kemudian, pemerintah provinsi turut menyemprotkan disinfektan di tempat umum, seperti di terminal bus. Pihaknya juga telah  berupaya mengurangi aktivitas yang melibatkan kepadatan penduduk, seperti pada sekolah, perkantoran, hingga penyelenggaraan acara hiburan.

"Kami mitigasi sedini mungkin," ujar dia.

Di sisi lain, pemprov Jatim juga mendapatkan bantuan dari pengusaha dan elemen masyarakat lainnya dalam meningkatkan kapasitas rumah sakit penanganan corona. Saat ini, jumlah perawat di Jawa Timur telah mencapai lebih dari dua ribu orang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...