Jadwal Ujian Masuk PTN Ditunda hingga Juli 2020 Imbas Pandemi Corona

Yuliawati
Oleh Yuliawati
6 April 2020, 17:49
ujian masuk PTN, pandemi corona, UTBK ditunda
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Ilustrasi ujian masuk PTN. Ujian Tulis Berbasis Komputer akan ditunda hingga Juli 2020.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menunda jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) karena berlangsungnya pandemi corona atau Covid-19 di Indonesia. Pendaftaran UTBK yang menjadi syarat utama mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan diselenggarakan pada 2-20 Juni 2020.

Adapun pelaksanaan UTBK pada 5-12 Juli 2020 dan pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020."Memperhatikan situasi nasional berkenaan dengan mewabahnya Covid-19, dan surat edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 09/SE.LTMPT/2020 tentang jadwal pelaksanaan UTBK 2020 yang dilakukan penundaan, maka pendaftaran dan pelaksanaan UTBK akan tetap dilaksanakan," bunyi surat edaran LTMPT yang ditandatangani Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih, Senin (6/4).

(Baca: Jokowi Soroti Rendahnya Kompetensi Baca, Matematika dan Sains Siswa RI)

Selain perubahan jadwal, LTMPT juga  membuat berbagai perubahan, yakni: materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS), setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes, pelaksanaan tes dilaksanakan empat sesi setiap hari.

Selain itu, pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi tujuan.

Sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyampaikan pelaksanaan UTBK yang merupakan syarat mengikuti SBMPTN tetap diselenggarakan di tengah pandemi corona.

"Untuk SBMPTN mau tidak mau kita harus melakukannya, karena anak-anak SMA harus masuk ke perguruan tinggi," ujar Nadiem dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (24/3).

Dia mengatakan akan menunda UTBK untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia. "Kemungkinan besar akan ditunda atau menemukan metode pergantian dan mengikuti protokol kesehatan," kata Nadiem.

(Baca: UN Ditiadakan, Nadiem Hanya Izinkan Ujian Sekolah Secara Online)

Pelaksanaan UTBK berbeda dengan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SMA dan SMP yang ditiadakan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Terdapat tiga metode seleksi masuk perguruan tinggi negeri, yakni SBMPTN, SNMPTN, dan jalur mandiri.

SBMPTN merupakan seleksi bersama masuk PTN berdasarkan nilai UTBK. Sedangkan SNMPTN berdasarkan prestasi akademik maupun portofolio. Untuk jalur mandiri, diselenggarakan masing-masing kampus setelah pelaksanaan SBMPTN dan SNMPTN.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...