Tes Hampir 11,5 Ribu Spesimen, Pemerintah Sebut 80% Negatif Covid-19

Dimas Jarot Bayu
6 April 2020, 17:22
Tes Hampir 11,5 Ribu Spesimen, Pemerintah Sebut 80% Negatif Covid-19
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/aww.
Ilustrasi, Tim medis Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan melakukan test cepat terhadap sejumlah santri yang baru tiba di Terminal Pesiapan, Tabanan, Bali, Jumat (3/4/2020).

Pemerintah mengklaim terus melakukan penelusuran orang-orang yang sempat kontak dengan pasien terinfeksi virus corona. Dari 11.460 spesimen yang telah diuji, sebanyak 8.969 di antaranya negatif Covid-19.

Hal itu berdasarkan data Public Health Emergency Operation Center (PHEOC) Kementerian Kesehatan. "Sekitar 80% di antaranya tidak terbukti virus corona," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (6/4).

Namun, jumlah pasien yang terjangkit virus corona bertambah 218 orang hari ini. Maka, total kasus Covid-19 di Tanah Air mencapai 2.491 orang.

(Baca: DKI Jakarta Gelar 23 Ribu Rapid Tes, Hasilnya 589 Orang Positif Corona)

Bahkan, sejumlah tenaga medis terjangkit virus tersebut dan beberapa di antaranya meninggal dunia saat merawat pasien. "Kami prihatin masih ada sebagian tenaga kesehatan yang terpaksa menderita penyakit ini dan gugur dalam melaksanakan tugasnya," kata dia.

Ia menyatakan, pemerintah berkomitmen untuk terus mendistribusikan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang merawat pasien corona. Saat ini, pemerintah memiliki 570 ribu APD.

Dari jumlah tersebut, 390 ribu di antaranya telah didistribusikan ke daerah. Kemudian, ada tambahan 105 ribu APD yang diperoleh pemerintah hari ini. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...