61 Emiten Bersiap Buyback Saham Senilai Rp 17,4 Triliun

Image title
7 April 2020, 21:53
61 Emiten Bersiap Buyback Saham Senilai Rp 17,4 Triliun
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ilustrasi, pengunjung beraktivitas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Di tengah pandemi corona, 61 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) bersiap melakukan pembelian kembali saham (buyback). Total nilai keseluruhan aksi korporasi ini mencapai Rp 17,4 triliun.

Data itu disampaikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat rapat kerja dengan Komisi XI pada hari ini (7/5). Rinciannya, 12 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen melakukan buyback saham dengan alokasi dana Rp 10,15 triliun.

Advertisement

Dari jumlah tersebut, tujuh perusahaan berpelat merah sudah melakukan buyback saham senilai Rp 145 miliar.  (Baca: OJK Catat 60 Perusahaan akan Beli Kembali Saham Rp 17,2 Triliun)

Selain itu, ada 49 perusahaan swasta yang berkomitmen buyback saham senilai Rp 7,23 triliun. Maka, total ada 61 emiten yang melakukan pembelian kembali saham.

Dari total komitmen buyback saham Rp 17,4 triliun, senilai Rp 726 miliar di antaranya sudah dilakukan. “Dalam beberapa hari ke depan buyback saham oleh emiten akan terus berlangsung,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen saat rapat kerja, Selasa (7/4).

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menambahkan, regulator memang mendorong skema buyback di pasar modal. Hal ini bertujuan memberikan sentimen positif kepada pasar.

Karena itu, otoritas keuangan akan terus menyosialisasikan buyback saham ini. OJK juga akan berkoordinasi dengan lembaga dan investor agar tidak bingung terkait kebijakan buyback saham ini.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement