Cegah Corona Menyebar, Pemerintah Ancam Sanksi Para ASN yang Mudik

Ameidyo Daud Nasution
7 April 2020, 15:57
asn, virus corona, mudik
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri PAN RB mengeluarkan Surat Edaran larangan dan sanksi ASN mudik lebaran demi mencegah virus corona

Pemerintah menyiapkan sanksi disiplin bagi aparatur sipil negara (ASN) serta keluarganya yang memilih mudik dan pergi ke luar daerahnya. Larangan dan ancaman hukuman ini untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 terutama dalam periode mudik lebaran.

Sanksi tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, PP Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS, dan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Advertisement

Aturan ini sudah masuk dalam Surat Edaran Nomor 41 Tahun 2020 yang ditandatangani Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. Tjahjo mengatakan surat dikeluarkan agar ASN ikut mencegah corona hingga daerah.

“ASN wajib mengikuti arahan Bapak Presiden, penjelasan Gugus Tugas dan Menteri Kesehatan, serta kepala daerah," ujar Tjahjo, Selasa (7/4).

(Baca: Cegah Warga Mudik, Kemensos Siapkan 200 Ribu Paket Sembako)

Tjahjo menjelaskan SE bernomor 41 Tahun 2020 yang dikeluarkan saat ini melengkapi edaran sebelumnya agar aparatur pemerintah tak mudik. Dia mengatakan jika keadaan memaksa ASN pergi mudik, maka yang bersangkutan harus mendapat izin atasan terlebih dulu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement