Investor Asing Jual Saham Rp 404,2 Miliar, IHSG Ditutup Turun 0,69%

Image title
7 April 2020, 16:17
Investor Asing Jual Saham Rp 404,2 Miliar, IHSG Ditutup Turun 0,69%
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nz
Ilustrasi, petugas kebersihan melintas di depan layar yang menampilkan informasi pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup turun 0,69% ke level 4.778,63 pada hari ini (7/4). Padahal, indeks sempat menguat 3,4% saat pembukaan perdagangan. Penurunan terjadi karena investor asing menjual saham (nett sell) Rp 404,22 miliar di pasar reguler.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, secara psikologis, investor asing yang menjual saham membuat penanam modal lainnya ragu. Sejak awal tahun, mereka telah menjual saham Rp 14,74 triliun di pasar reguler.

"Jadi mereka juga yang akan ambil untung (profit taking), dan aksi jual tersebut membuat IHSG menurun," kata William kepada Katadata.co.id, hari ini (7/4).

(Baca: Sempat Naik Tinggi, IHSG Sesi I Turun 1,35% karena PSBB Jakarta)

Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) merupakan yang paling banyak dilego investor asing, dengan penjualan hingga Rp 116,67 miliar. Hal itu menyebabkan harga saham Telkom turun 3,3% menjadi Rp 3.220 per lembar.

Selain itu, penurunan terjadi karena sentimen penetapan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB DKI Jakarta akibat pandemi corona. Namun, menurutnya sentimen ini bersifat jangka pendek.

"Untuk PSBB sendiri, efeknya kecil. Mungkin baru terasa pada laporan keuangan di triwulan II 2020 mendatang," katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...