Investor Makin Aktif, Analis Nilai Pasar Modal Tak Terpengaruh PSBB

Image title
7 April 2020, 12:04
bursa, saham, pasar modal, investasi, psbb
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nz
Ilustrasi, pekerja melintas di depan layar yang menampilkan informasi pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (31/3/2020). Sejumlah analis menilai pemberlakuan PSBB tidak aka mempengaruhi transaksi saham di pasar modal.

Pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19. Meski begitu, sejumlah analis menilai transaksi saham di pasar modal tak akan terganggu. 

Pasalnya, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tetap memperbolehkan layanan pasar modal. Bursa Efek Indonesia pun telah mengatur pelaksanaan transaksi saham di tengah pandemi corona.

Di sisi lain, Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai penetapan status PSBB tidak berdampak pada kinerja indeks saham. Sebab, pelaku pasar mulai terbiasa dengan pembatasan aktivitas meski pemerintah belum menetapkan PSBB.

Hal itu terlihat dari indeks saham beberapa waktu terakhir yang ditutup di zona hijau. "Tentu hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa investor mulai masuk ke dalam pasar. Saham-saham yang undervalued menjadi alasannya," kata Nico, Selasa (7/4).

Lebih lanjut dia mengatakan investor sudah dapat menerima kondisi ekonomi yang tertekan. Biarpun pandemi corona belum mencapai puncaknya di Indonesia.

Begitu pula dengan analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama yang menilai bahwa pembatasan aktivitas tidak berpengaruh banyak kepada kinerja di pasar modal. Pasalnya, banyak industri yang masih berjalan, seperti logistik dan perbankan.

"Pengaruhnya tidak signifikan, itu hanya kebijakan parsial saja, kebijakan dari pemerintah daerah saja," kata Nafan pada kesempatan yang berbeda.

(Baca: IHSG Kuartal I Anjlok 28%, Saham Emiten Baru Malah Meroket Hingga 288%)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...