Kandidat Vaksin Covid-19 yang Didanai Bill Gates Diuji Coba ke Manusia

Desy Setyowati
7 April 2020, 20:25
Kandidat Vaksin Covid-19 yang Didanai Bill Gates Diuji Coba ke Manusia
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.
Ilustrasi, sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Malaysia menjalani Rapid Test saat tiba di kedatangan Internasional Terminal 2 Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/4/2020).

Pendiri Microsoft Bill Gates, melalui Bill and Melinda Gates Foundation mendanai pengembangan vaksin Covid-19 oleh Inovio Pharmaceuticals. Vaksin ini memasuki tahap uji coba ke manusia pada hari ini.

Perusahaan biotek berbasis di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) itu memberi nama kandidat vaksin virus corona ini dengan INO-4800. Vaksin ini sudah diuji coba ke hewan, dan menunjukkan peningkatan respons imun.

Advertisement

Karena itu, Inovio akan menyuntikkan kandidat vaksin Covid-19 itu ke sukarelawan. Perusahaan juga sudah mendapat izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (Food and Drug Administration/FDA).

(Baca: Profesor UI: Mitos, Vitamin hingga Klorokuin Sembuhkan Pasien Corona)

Dikutip dari Tech Crunch, INO-4800 bekerja dengan menyuntikkan plasmid atau struktur genetik kecil yang independen, yang direkayasa secara khusus. Dengan begitu, sel-sel pasien akan menghasilkan antibodi yang diinginkan dan diharapkan bisa melawan infeksi tertentu.

“Inovio meningkatkan, mengembangkan, dan memproduksi ‘ribuan dosis’ INO-4800 dalam beberapa minggu untuk mendukung uji coba Fase 1 dan Fase 2,” demikian dikutip dari Tech Crunch, Selasa (7/4).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement