OCBC NISP Tak Bagikan Lagi Dividen Tahun Ini

Image title
7 April 2020, 06:42
OCBC NISP, bank, modal bank
Katadata
Ilustrasi. OCBC NISP mencatatkan laba bersih tahun lalu mencapai Rp 2,6 triliun.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Bank OCBC NISP Tbk menyepakati penggunaan seluruh laba bersih 2019 sebesar Rp 2,9 triliun untuk memperkuat posisi permodalan. Dengan demikian, perusahaan tak akan membagikan dividen di tahun ini. 

“Langkah ini diambil untuk memastikan implementasi strategi dan inisiatif bank dapat berjalan dengan baik dan mampu menghadapi persaingan yang kian intensif di industri keuangan,” ujar Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja dalam keterangan resmi, Senin (7/4). 

Bank asal Singapura ini sebelumnya menargerkan dapat naik kelas menjadi bank umum kegiatan usaha atau BUKU IV atau bermodal inti minimal Rp 30 triliun pada tahun depan. Sudah lebih dari 15 tahun, NISP tak pernah membagikan dividen kepada pemegang saham. 

Advertisement

(Baca: Pandemi Corona Memukul Freeport, Pangkas Dividen dan Belanja Modal)

Keputusan OCBC NISP untuk tak membagikan dividen ini diambil di tengah masa sulit aibat pandemi corona. Dalam kondisi tersebut, perbankan perlu memperkuat permodalan untuk mengatasi goncangan gejolak ekonomi

Hingga akhir tahun lalu, total modal inti perusahaan mencapai Rp 26,81 triliun secara konsolidasi atau Rp 26,71 triliun secara bank only.  Posisi modal ini naik dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 23,59 triliun, baik secara konsolidasi atau bank only.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement