Ragam Cara Petugas Tegakkan Aturan Berkendara selama PSBB Jakarta

Image title
10 April 2020, 19:57
Polisi lalulintas beserta Dishub melaksanakan pengawasan dalam penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di jalan perbatasan Depok-Jakarta, Jumat (10/4/2020). Petugas menyetop kendaraan untuk menghimbau kewajiban memakai masker dan aturan penumpa
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Polisi lalulintas beserta Dishub melaksanakan pengawasan dalam penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di jalan perbatasan Depok-Jakarta, Jumat (10/4/2020). Petugas menyetop kendaraan untuk menghimbau kewajiban memakai masker dan aturan penumpang dalam satu kendaraan. Polisi pun mengingatkan warga jika tidak ada keperluan penting atau mendesak agar kembali kerumah.

Pemprov DKI Jakarta hari ini (10/4) memulai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Kebijakan ini akan berlangsung selama 14 hari ke depan dan bisa diperpanjang apabila penularan virus Corona masih massif terjadi.

Untuk melaksanakan kebiajakan ini, kemarin (9/4) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 33 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB. Beleid itu berisi kegiatan yang dibatasi selama PSBB. Misalnya pembatasan penggunaan alat transportasi penumpang.

Guna menyukseskan PSBB di hari pertama, pemerintah dan aparat di lingkungan DKI Jakarta melakukan sejumlah langkah sebagai berikut:

Dishub Jakarta Selatan Turunkan 162 Personel

Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Selatan mengerahkan personel untuk melakukan pengamanan di titik-titik pemeriksaan (check point) di wilayah Jakarta Selatan.

"Setiap hari kita mengerahkan 162 personel yang akan melakukan pengamanan bersama tiga pilar (Polisi, TNI dan Pemda) di titik-titik pemeriksaan PSBB," kata Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan Budi Setiawan seperti dilansir Antara, Jumat (10/4).

Menurut Budi titik pemeriksaan utama terdapat di tiga tempat, yaitu persimpangan layang UI, Pasar Jumat dan di depan Universitas Budi Luhur, Cileduk Raya.

(Baca: Anies Baswedan Sebut PSBB Jakarta Hari Pertama Berjalan Baik)

Setiap hari di masing-masing titik pemeriksaan, kata Budi, akan ada sembilan personel Sudin Perhubungan bersama Satlantas Polrestro Jakarta Selatan dan Satpol PP bertugas memantau.

Selain pemantauan di tiga titik itu, Budi menyatakan personel juga dikerahkan di 10 kecamatan di Jakarta Selatan. Di tiap kecamatan lima orang anggota Sudin Perhubungan akan berpatroli bersama-sama Satpol PP.

Menurut Budi, personel bertugas setiap hari selama 24 jam di titik pemeriksaan dan setiap kecamatan melakukan pemantauan dan pengawasan.

Personel Sudinhub juga melakukan penindakan bersama-sama Satlantas Polres Jakarta Selatan kepada masyarakat pelanggar PSBB.

Pelanggaran tersebut seperti tidak menggunakan masker dan sarung tangan bagi pengemudi sepeda motor, ojek daring membawa penumpang, serta angkutan roda empat melebihi ketentuan 50 persen dari daya tampung maksimum.

Budi menambahkan aturan berboncengan bagi pengendara motor milik pribadi boleh berboncengan penumpangan dengan syarat satu alamat.

"Iya boleh, itu sesuai arahan dari Kadis Perhubungan DKI Jakarta," katanya.

(Baca: Selama PSBB Jakarta, Motor Pribadi Boleh Bawa Penumpang tapi Ada Syarat)

Petugas Terminal Pulogebang Cek Penumpang Bus

Selanjutnya adalah petugas Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur yang hari ini mulai membatasi jumlah penumpang bus. Melansir Antara, Kepala Satuan Pelaksana Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulogebang Afif M menyatakan pihaknya tak akan memberangkatkan bus yang melebihi 50% kapasitas angkut.

Aturan tersebut, kata Afif, berlaku bagi bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) yang menempuh perjalanan jarak jauh. Jika biasanya bus boleh mengangkut hingga 32 penumpang, kata dia, mulai saat ini dibatasi hanya 15 hingga 17 orang penumpang.

Sejumlah petugas pun berpatroli di sekitar lokasi transit bus serta ruang tunggu penumpang untuk memastikan kapasitas angkut sesuai dengan aturan. Petugas di pintu keluar terminal juga disiagakan untuk mengawasi kendaraan yang keluar ataupun masuk terminal.

Pengendara Tak Patuh Aturan Dikeluarkan dari Tol

Sementara petugas Patroli Jalan Raya (PJR) mengeluarkan pengendara tidak patuh pada aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari jalan tol.

"Jika melanggar PSBB kita keluarkan di pintu tol terdekat," kata Kanit 2 PJR Polda Metro Jaya Iptu Agus W di Gerbang Tol Pasar Rebo, Jakarta Timur, seperti dilansir Antara, Jumat (10/4).

Agus menyatakan pengawasan terhadap pengendara dilakukan dengan memantau satu per satu yang melintas di tol maupun gerbang tol.

Di hari pertama ini, Agus menyatakan petugas PJR beberapa kali menemukan pengendara melanggar aturan PSBB dan dikeluarkan dari keluar tol.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...