Pertamina EP Percepat Pemulihan CPP Gundih Akibat Kebakaran Pekan Ini

Image title
13 April 2020, 13:34
Ilustrasi, fasilitas gas Pertamina EP Asset 4. Paska kebakaran di unit Tox CPP Gundih, Pertamina EP Asset 4 segera melakukan investigasi dan melakukan langkah pemulihan fasilitas.
Pertamina EP Asset 4
Ilustrasi, fasilitas gas Pertamina EP Asset 4. Paska kebakaran di unit Tox CPP Gundih, Pertamina EP Asset 4 segera melakukan investigasi dan melakukan langkah pemulihan fasilitas.

Pertamina EP telah memulai persiapan pemulihan Central Processing Plant (CPP) Gas Gundih, paska kebakaran di unit Thermal Oxidizer (TOx).

General Manager Pertamina EP Asset 4 Agus Amperianto mengungkapkan, saat ini Pertamina EP tengah mulai melakukan persiapan pemasangan crane dan perancah (scaffolding) pada dinding luar TOx.

Advertisement

Ia menjelaskan, sembari proses investigasi berjalan, pihaknya akan bekerja secara pararel dalam mempersiapkan pemulihan CPP Gas Gundih. Menurutnya, identifikasi awal yakni dengan mengevaluasi serta membuka manhole TOx, untuk memastikan porsi pipe tube didalamnya yang mengalami kerusakan.

“Proses investigasi nantinya akan mengerucut mengenai seberapa besar kerusakan akibat kebakaran, sehingga kita bisa menghitung estimasi waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan," ujar Agus kepada Katadata.co.id, Senin (13/4).

Lebih lanjut, menurut Agus, scaffolding digunakan sebagai bangunan sementara untuk membantu pekerja dalam bekerja ataupun melakukan perbaikan, pada ketinggian tertentu dengan aman. Adapun, proses instalasinya saat ini baru mencapai 3%, dengan material pendukung yang tiba di lokasi sekitar 30% dan tenaga kerja kerja 28 orang.

(Baca: Investigasi Kebakaran Fasilitas Gas Gundih, Pertamina Gandeng Polisi)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement