BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Jabodetabek

Pingit Aria
14 April 2020, 17:01
Pengendara motor melintasi banjir di Kampung Panjang, Citayem, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/4/2020).
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc.
Pengendara motor melintasi banjir di Kampung Panjang, Citayem, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/4/2020).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai angin kencang masih akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Fenomena alam tersebut diperkirakan akan terjadi dalam tiga hari kedepan yaitu 14-16 April 2020.

"Intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) melintasi wilayah Samudra Pasifik Utara Papua. Keadaan ini menyebabkan daerah di depan muka intrusi kondisi udara menjadi lebih lembab," kata Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana dalam keterangan tertulis, Selasa (14/4).

Advertisement

Dia menjelaskan, massa udara basah di lapisan rendah yang menyebabkan hujan terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia. Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat, Selasa (14/4) yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Tengah, Maluku, dan Papua Barat.

(Baca: Potensi Mudik 1,3 Juta Orang, Pemerintah Harus Bikin Larangan Tegas)

Kondisi ini masih berlangsung untuk wilayah Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat pada Rabu (15/4).

Sementara pada Kamis (16/4) di wilayah Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan Gorontalo. masih berpotensi dilanda hujan Lebat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement