Terus Meningkat, Indonesia Kini Miliki 635 RS Rujukan Covid-19

Dimas Jarot Bayu
14 April 2020, 16:57
Ilustrasi, tenaga kesehatan memeriksa perlengkapan medis di ruang isolasi untuk pasien positif Covid-19. Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan, Indonesia kini memiliki 635 rumah sakir rujukan penanganan Covid-19.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Ilustrasi, tenaga kesehatan memeriksa perlengkapan medis di ruang isolasi untuk pasien positif Covid-19. Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan, Indonesia kini memiliki 635 rumah sakir rujukan penanganan Covid-19.

Jumlah rumah sakit rujukan untuk penanganan virus corona atau Covid-19 terus bertambah. Teranyar, ada 635 rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan corona di Indonesia.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, 635 rumah sakit tersebut berasal dari pemerintah, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta. Secara total, 635 rumah sakit tersebut memiliki 1.515 ruang isolasi.

"Gugus Tugas didukung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian PUPR, dan Kementerian BUMN terus tingkatkan kapasitas rumah sakit, baik dari pemerintah, TNI, Polri, BUMN, termasuk swasta," kata Doni, Selasa (14/4).

Ia menjelaskan, 635 rumah sakit rujukan digunakan untuk penanganan pasien positif corona dengan gejala berat dan kritis. Sementara pasien positif corona dengan gejala sedang akan dirawat di rumah sakit darurat di Wisma Atlet di DKI Jakarta dan Pulau Galang di Kepulauan Riau.

Rinciannya, rumah sakit darurat Wisma Atlet tercatat mampu menampung 2.000 pasien. Sementara, rumah sakit darurat Pulau Galang mampu menampung 400 pasien.

Selain itu, pemerintah juga memiliki pusat observasi di Pulau Natuna, untuk memantau kondisi kesehatan warga negara Indonesia yang baru pulang dari luar negeri.

Kemudian, pemerintah juga menggandeng perusahaan rintisan atau startup telemedicine, agar masyarakat bisa menggunakan jasa konsultasi dengan dokter secara virtual. Lewat layanan telemedicine, pasien positif Covid-19 juga dapat meminta petunjuk dokter saat melakukan isolasi mandiri di rumah.

(Baca: Positif Corona RI 4.839 Kasus, Rekor Tambahan Kematian 60 Orang)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...