Investor Menanti Data Neraca Dagang, IHSG Diramal Variatif

Image title
15 April 2020, 07:01
Investor Menanti Data Neraca Dagang, IHSG Diramal Variatif .
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Seorang pengunjung sedang mengamati layar saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/3/2020). IHSG diperkirakan bergerak variatif hari ini, karena banyak investor menanti rilis data neraca perdagangan dalam negeri dan dampak Covid-19.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (15/4), diprediksi bergerak bervariasi oleh beberapa analis. Sentimen penggerak IHSG hari ini diperkiran datang dari rilis data ekonomi, khususnya neraca dagang Indonesia serta penyebaran Covid-19 di dalam negeri. 

Pada perdagangan kemarin, indeks ditutup menguat 1,78% ke level 4.706,49.

Advertisement

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengatakan, penyebaran virus corona masih akan membayangi pergerakkan IHSG. "Investor akan melihat dampak virus corona terhadap data neraca perdagangan. Sehingga, indeks diperkirakan akan bergerak terbatas," ujar Dennies dalam risetnya.

(Baca: IHSG Ditutup Menguat 1,79% Berkat Cuitan Trump Terkait Produksi Minyak)

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan neraca perdagangan, perkembangan ekspor impor dan data upah pekerja Maret 2020. Pengumuman itu akan disampaikan pada pukul 11.00 WIB.

Oleh karena itu, Dennies memperkirakan, IHSG hari ini akan melemah secara teknikal dengan level support antara 4.651 hingga 4.597. Sedangkan area resistance , indeks berpeluang berada di rentang 4.761 hingga 4.733.

Beberapa saham dia rekomendasikan pada perdagangan hari ini di antaranya PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT Waskita Karya Tbk (WSKT).

Pendapat senada juga diungkap Analis Panin Sekuritas William Hartanto. Menurutnya, IHSG hari ini berpotensi bergerak mixed cenderung melemah di kisaran 4.603 sampai 4.811. Proyeksi IHSG tersebut diperkirakan akan bertahan hingga akhir pekan ini.

(Baca: IHSG Sesi I Naik 0,45% Meski Asing Lepas Saham Jelang Pengumuman BI)

Salah satu sentimen yang menekan indeks hari ini dikarenakan investor asing masih mencatatkan net sell. Kemarin, asing tercatat melakukan penjualan dengan nilai bersih Rp 439,45 miliar di seluruh pasar.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement