Banyak Aplikasi Catut Nama Kartu Prakerja Bertebaran di Play Store

Fahmi Ahmad Burhan
16 April 2020, 12:24
kartu prakerja, peserta kartu prakerja, aplikasi, bantuan sosial, pendaftaran kartu prakerja
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi. Sejumlah aplikasi dengan kata kunci Kartu Prakerja bermunculan di Google Play Store.

Pemerintah resmi membuka pendaftaran program kartu prakerja pada pekan lalu (11/4). Pendaftaran peserta dilakukan di website langsung, bukan di aplikasi. Namun, muncul beberapa aplikasi dengan kata kunci kartu prakerja di Play Store.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di Google PlayStore, terdapat aplikasi dengan nama Cara Daftar Kartu Pra Kerja yang dikembangkan oleh Grsapps. Dalam deskripsinya, aplikasi itu memuat informasi yang dapat membantu pengguna mendaftar kartu prakerja.

Pembuat aplikasi mengklaim aplikasi tersebut mempunyai keunggulan pada fiturnya, di antaranya memuat infografik tentang kartu prakerja, kiat sukses mencari kerja, hingga tunjangan prakerja. 

"Aplikasi Cara Daftar Kartu Pra Kerja terbaru dan berhasil ini bisa dibaca saat offline juga. Jadi aplikasi ini tidak memerlukan kuota internet untuk membukanya," dikutip dari deskripsi aplikasi pada Kamis (16/4).

Aplikasi ini baru dirilis pada Selasa pekan lalu (7/4) tetapi sudah diunduh 100 ribu kali. Aplikasi ini mendapatkan rating 3,3 di Play Store dan memuat ulasan sejumlah pengguna.  "Iklan bejibun ganggu banget. Uninstall," dikutip dari salah satu ulasan oleh akun Lowker Kita.

(Baca: Deretan Bantuan Sosial Pandemi Corona yang akan Disalurkan Mulai April)

Aplikasi lainnya yaitu cara daftar kartu pra kerja online 2020 mudah. Aplikasi yang dikembangkan oleh titiknov studio ini berisi tutorial untuk dapatkan kartu prakerja.  "Jika anda ingin mendapatkan kartu pra kerja ini caranya," dikutip dari deskripsi aplikasi tersebut. 

Aplikasi ini pada Jumat (3/4) dan diunduh lebih dari 5 ribu kali. Aplikasi mendapatkan rating 3,3 di PlayStore dan memuat keluhan dari sejumlah pengguna. "Susah banget," kata akun Empud Saefudin di ulasan aplikasi. 

Bagi masyarakat yang membutuhkan kartu prakerja, pendaftaran dilakukan secara online hanya melalui situs www.prakerja.go.id. Di website pun tersedia langkah-langkah untuk mendaftar kartu prakerja. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...