Erick Thohir Dorong Tiga BUMN Produksi Ventilator untuk Pasien Corona

Image title
16 April 2020, 20:29
bumn, erick thohir, corona, covid-19
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) meninjau ruangan Command Center Corona yang ada di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020). Erick mendorong tiga BUMN memproduksi ventilator atau alat bantu pernapasan untuk membantu pasien Covid-19.

Kementerian BUMN menunjuk PT LEN (Persero), PT Pindad (Persero), dan PTDI (Persero) untuk memproduksi alat bantu pernapasan atau ventilator. Alat kesehatan itu dianggap mampu membantu pasien Covid-19.

Selain itu, PT Indofarma juga ditunjuk untuk menyerap dan mendistribusikan produksi ventilator tersebut. Dengan begitu, Menteri BUMN Erick Tohir berharap Indonesia tidak tergantung impor alat kesehatan dari luar negeri.

Pasalnya, pemerintah mencatat industri obat mengimpor 90 persen bahan baku. Demikian juga alat kesehatan yang biasanya dibeli dari luar negeri

"Seperti yang Presiden sampaikan, kita tidak bisa bergantung pada luar negeri, karena negara kita sangat besar," kata Erick dalam siaran persnya, Kamis (16/4).

(Baca: BUMN Datangkan Alat PCR dari Swiss, Mampu 300 Ribu Tes Corona Sebulan)

Menurut Erick, pemerintah berupaya mengikis ketergantungan impor bahan baku obat dan alat kesehatan dengan mendorong produksi lokal. Ia menekankan agar BUMN harus bisa mewujudkan food security (ketahanan pangan), energy security (ketahanan energi), dan health security (ketahanan kesehatan).

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...