KRL Jabodetabek akan Setop Operasi setelah Bansos Disalurkan

Image title
16 April 2020, 19:30
Rangkaian KRL Commuterline melintas di samping masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (16/4/2020). Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengusulkan melakukan uji coba penghentian sementara Commuter line pada Sabtu 18/4/2020 untuk mendukung penerapan pembatasa
ANTARA FOTO/Paramayuda/aww.
Ilustrasi, rangkaian KRL Commuterline melintas di samping masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (16/4/2020). Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengusulkan melakukan uji coba penghentian sementara Commuter line pada Sabtu 18/4/2020 untuk mendukung penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam pencegahan wabah Corona (COVID-19).

Tiga provinsi yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat, sepakat menghentikan sementara operasional kereta rel listrik (KRL)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya telah mengusulkan hal tersebut sejak dua hari lalu melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Melalui pembahasan di tingkat kementerian, penghentian sementara operasional KRL akan dilakukan dengan catatan, distribusi bantuan sosial (bansos) untuk warga terdampak virus corona atau Covid-19 tersalurkan sepenuhnya.

"Mereka (Kemenhub) sedang membahasnya dan menurut jawaban yang diterima, jika nanti bantuan sosial sudah berhasil diturunkan maka penghentian operasi akan dilakukan," kata Anies dalam rapat bersama Tim Pengawas Penanggulangan Covid-19 Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis (16/4).

Sekadar informasi, selama pelaksanaan PSBB, jumlah penumpang seluruh moda transportasi massal yang dikelola Pemerintah Daerah (Pemda), baik itu Trans Jakarta, KRL, MRT dan LRT berangsur-angsur menurun.

Berdasarkan catatan Anies, jumlah penumpang Trans Jakarta yang biasanya normalnya mencapai 950.000 orang hingga satu juta orang, per 1 April 2020 jumlahnya hanya tersisa 91.000 orang yang artinya telah berkurang 91%.

(Baca: KCI Timbang Usulan 5 Kepala Daerah Minta KRL Dihentikan saat PSBB)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...