Pasien Corona Melonjak, Anies Sebut Jakarta Kekurangan 170 Ventilator

Image title
17 April 2020, 07:38
Pasien Corona Melonjak, Anies Sebut Jakarta Kekurangan 170 Ventilator.
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Pengrajin melakukan uji coba ventilator di Industri UMKM Agusta, Kebayoran Lama, Jakarta, Selasa (14/4/2020).Pemprov DKI menyatakan pihaknya masih kekurangan 170 ventilator untuk menangani pasien Covid-19 yang terus bertambah di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan pihaknya hingga kini masih membutuhkan sekitar 170 alat bantu pernafasan (ventilator) untuk menangani pasien Covid-19. Kebutuhan alat bantu itu dinilai sangat mendesak seiring dengan bertambahnya jumlah pasien. 

Hal tersebut dia sampaikan dalam rapat virtual bersama Tim Pengawas DPR RI untuk penangggulangan Covid-19. Menurutnya, beberapa rumah sakit yang menangani pasien corona masih memiliki keterbatasan fasilitas.

Anies mengatakan saat ini pihaknya hanya memiliki 947 unit ventilator di Jakarta. Namun jumlah tersebut masih kurang untuk memenuhi kebutuhan pasien yang semakin bertambah. 

(Baca: Anies Mengaku RS di Jakarta Tak Dirancang Terima Ledakan Pasien Corona)

Untuk itu, guna memenuhi kebutuhan ventilator,  pihaknya juga telah meminta Kementerian BUMN agar segera memproduksi di dalam negeri. “Ini harus kita perbanyak dan barusan tadi siang dengan Menteri BUMN sedang mendorong produksi dalam negeri termasuk ventilator,” kata Anies di Jakarta, Kamis (16/4).

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...