Berlaku di Banyak Daerah, Jokowi Minta Evaluasi Total Penerapan PSBB

Dimas Jarot Bayu
20 April 2020, 13:15
Jokowi, pandemi corona, virus corona, pemberlakukan sosial berskala besar, PSBB
ANTARA FOTO/Biro Pers - Lukas/hma/hp.
Presiden Joko Widodo juga meminta ada perbaikan terhadap sistem rujukan dan manajemen penanganan corona di rumah sakit.

Sejumlah daerah telah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar untuk menekan penyebaran pandemi virus corona. Presiden Joko Widodo meminta dilakukan evaluasi total terhadap penerapan PSBB

“Saya ingin ada evaluasi total dari apa yang telah kita kerjakan dalam penanganan Covid-19 ini, terutama evaluasi PSBB,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/4).

Evaluasi PSBB harus dilakukan secara detail,  melihat kelebihan dan kekurangan penerapan di sejumlah daerah. Ia juga menekankan perlu dilakukan pengujian sampel corona secara masif. "Kemudian diikuti pelacakan yang progresif dan mengisolasi yang terpapar dengan ketat. Tiga hal ini yang terus ditekankan kepada daerah," kata Jokowi.

Jokowi pun meminta agar ada perbaikan terhadap sistem rujukan dan manajemen penanganan corona di rumah sakit. Menurutnya, pasien penderita corona yang perlu dirawat di rumah sakit harus benar-benar dipilah sesuai dengan gejala.

(Baca: Percepat Penanganan Corona, 50 Ribu Alat Tes PCR Tiba di Jakarta)

Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi kelebihan kapasitas dari berbagai rumah sakit rujukan yang ada. "Manajemen harus diatur betul. Mana sedang, ringan, berat, dan yang butuh penanganan lebih intensif di rumah sakit," kata dia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...