Percepat Penanganan Corona, 50 Ribu Alat Tes PCR Tiba di Jakarta

Image title
Oleh Ekarina
20 April 2020, 12:59
Genjot Penanganan Corona, 50 Ribu Alat Tes PCR Tiba di Jakarta.
east ventures
Ilustrasi, aktivitas pengembangan alat uji qPCR Covid-19 oleh startup Nusantics. Pemerintah menerima 50 ribu alat PCR dari Korea Selatan.

Sebanyak 50 ribu alat Polymerase Chain Reaction (PCR) tiba di Indonesia.  Alat untuk ini didatangkan langsung dari Korea Selatan, untuk mempercepat proses tes Covid-19 dan mempercepat penanganan virus tersebut di Indonesia. 

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo berterima kasih kepada Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra atas kerja samanya membantu mendatangkan bahan tes PCR dari Negeri Gingseng. 

“Kami membutuhkan bahan untuk melakukan tes PCR bagi deteksi Covid-19 agar laboratorium bisa segera bekerja memeriksa warga. Kami bersyukur kurang dari 24 jam kita bisa mendapatkan 50.000 tes PCR hari ini,” ujar Doni hari Minggu (19/4).

(Baca: Alat Uji PCR Covid-19 Buatan Indonesia Siap Diproduksi Massal)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan Gugus Tugas agar segera dilakukan tes PCR kepada warga. Presiden mengharapkan agar setiap hari setidaknya bisa dilakukan 10.000 pemeriksaan.

Pemerintah sudah menetapkan 19 laboratorium untuk pendeteksian Covid-19 di seluruh Indonesia. Hanya saja semua laboratorium tersebut membutuhkan reagent PCR dan reagent ekstrasi RNA agar bisa melakukan pemeriksaan kepada warga yang diduga terinfeksi corona. 

Di tegah pandemi covid-19 yang hampir merata terjadi di seluruh dunia, tidak mudah untuk mendapatkan reagent PCR dan reagent ekstrasi RNA. Sebab, selama ini bahan tersebut hanya dipasok oleh Tiongkok dan Korea Selatan.

Menurutnya, dalam mendapatkan reagent dari Korsel boleh dikatakan dramatis. Sering merebaknya virus, produk kedua negara ini juga dicari oleh banyak negara lain. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...