RI Datangkan 1 Juta Unit APD dan 50 Ribu PCR dari Korea Selatan

Dimas Jarot Bayu
20 April 2020, 15:32
impor apd, korea selatan, covid 19, virus corona
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.
Alat Pelindung Diri (APD) berupa pelindung wajah (Face Shield). Indonesia impor 1 juta alat pelindung diri dan 50 ribu reagen untuk tes PCR dari Korea Selatan.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Kementerian Kesehatan, menjalin kerja sama dengan Korea Selatan (Korsel) dalam pengadaan 1 juta alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan dalam melawan virus corona di Tanah Air.

“Gugus Tugas bersama Kementerian Kesehatan telah membeli 1 juta APD yang bahan baku 100% berasal dari Korea Selatan,” kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo usai rapat terbatas melalui video conference, Senin (20/4).

Advertisement

Doni mengatakan, pembelian 1 juta APD dengan 100% bahan baku dari Korsel tersebut bukan tanpa syarat. Dia mengungkapkan, Indonesia wajib mengembalikannya dalam bentuk ekspor produk jadi APD ke Korsel.

Doni mengatakan, keputusan ini diambil pemerintah karena tak mau ada kekurangan APD bagi tenaga kesehatan di dalam negeri. Di sisi lain, pemerintah tak bisa mengabaikan persyaratan yang diminta Korsel dari kerja sama tersebut.

(Baca: Produksi 1 Juta Masker per Hari, Bahan Baku Pan Brothers 100% Lokal)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement