Sri Mulyani Pangkas Lagi Anggaran Kementerian PUPR untuk Covid-19

Image title
21 April 2020, 21:26
kementerian PUPR, anggaran kementerian pupr, anggaran infrastruktur, pandemi virus corona
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut pagu anggaran Kementerian PUPR pada tahun ini turun menjadi Rp 75,42 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani kembali memangkas anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk direalokasikan guna penanganan pandemi virus corona. Total anggaran yang dipangkas hingga kini mencapai Rp 44,58 triliun.

Dalam Perpres Nomor 54 Tahun 2020 tentang perubahan postur anggaran 2020, anggaran Kementerian PUPR dipangkas dari Rp 120,22 triliun dalam APBN 2020 menjadi Rp 95,68 triliun. 

"Pada tanggal 15 April yang lalu Menteri Keuangan menambahkan kembali realokasi yang harus dibebankan kepada Kementerian PUPR sebesar Rp 44,58 triliun," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR melalui konferensi video, Selasa (21/4).

Dengan realokasi tersebut, maka pagu anggaran Kementerian PUPR tahun ini dipatok Rp 75,42 triliun. Adapun realokasi anggaran diambil dari penghematan belanja perjalanan dinas dan paket rapat sebesar 50% yang belum terserap pada tahun anggaran 2020.

(Baca: Pemerintah Siapkan Anggaran Penanganan Corona hingga 2022)

Sejumlah proyek lelang juga akan ditunda pelaksanaannya ke tahun depan. Dengan demikian, proses lelang proyek akan digelar pada Oktober atau November tahun ini, sedangkan pengerjaan proyek bakal dimulai pada 2021 saat pandemi corona berakhir. 

"Jadi tetap berjalan terus proyeknya. Seluruh dana realokasi akan difokuskan untuk menangani pandemi Covid-19," kata dia. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...