Telkomsel dan Kominfo Kembangkan CloudX Meeting Sebagai Pengganti Zoom

Fahmi Ahmad Burhan
21 April 2020, 16:54
Telkomsel dan Kominfo Kembangkan CloudX Meeting Sebagai Pengganti Zoom
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/foc.
Ilustrasi, warga saat menunjukan aplikasi dukungan bekerja dari rumah menggunakani layanan Telkomsel di Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (29/3/2020).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Telkomsel mengembangkan platform rapat online untuk kementerian dan lembaga (K/L). Sebab, Kominfo meragukan keamanan aplikasi Zoom yang ramai digunakan selama pandemi corona.

Telkomsel sebenarnya memiliki layanan rapat online CloudX Meeting yang diluncurkan pada Januari lalu. Layanan itu tersedia untuk konsumen korporasi (enterprise).

Saat ini, perusahaan telekomunikasi berpelat merah itu masih berkoordinasi dengan  Kominfo untuk mengembangkan platform rapat online untuk K/L. “Saat ini kami sedang kejar penuhi enterprise dulu,” ujar Director of Sales Telkomsel Ririn Widaryani saat video conference, Selasa (21/4).

(Baca: Singapura hingga AS Larang Zoom, Kominfo Buat Aplikasi Rapat Online)

Kendati begitu, ia menegaskan bahwa perusahaan berpeluang memperluas pasar CloudX Meeting sehingga bisa digunakan masyarakat umum dan pemerintah. "Kami desain untuk ke situ (perluas cakupan konsumen)," kata Ririn. 

VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, perusahaan akan berkoordinasi dengan kementerian untuk pengembangan aplikasi tersebut jika dibutuhkan. "Telkomsel siap mendukung dan berkoordinasi secara teknis jika dibutuhkan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...