BI Catat Aliran Dana Asing Masuk Rp 4,4 T ke Surat Utang dalam Sepekan

Agatha Olivia Victoria
22 April 2020, 16:05
bank indonesia, aliran modal asing, saham, sbn
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut terjadi aliran modal asing masuk pada portofolio SBN dalam sepekan ini. Namun, terjadi aliran modal asing keluar pada portofolio saham.

Bank Indonesia  mencatat terdapat aliran modal asing masuk ke Indonesia sebesar Rp 4,37 triliun. Modal asing tersebut masuk melalui Surat Berharga Negara. 

"Dari pemantauan kami terjadi inflow asing dari nonresiden terhadap SBN dari 13-20 april sebesar Rp 4,37 triliun," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi video di Jakarta, Rabu (22/4).

Advertisement

Meski demikian, Perry menuturkan bahwa masih ada aliran modal yang keluar dalam periode tersebut. Tercatat Rp 2,8 triliun modal asing keluar dari portofolio saham RI.

(Baca: Kadin: Konsumsi Masyarakat Jakarta Turun Karena Larangan Mudik Lebaran)

Dengan demikian, total aliran modal yang masuk ke portofolio Indonesia baik saham maupun SBN secara neto tercatat Rp 1,57 triliun. "Ini menunjukan bahwa memang secara bertahap konfiden terhadap Indonesia khususnya investasi portoflio fix income SBN itu terus berangsur mengalami kenaikan," ucap dia.

Perry menjelaskan, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi semakin tingginya konfiden investor asing terhadap Indonesia. Pertama, imbal hasil obligasi pemerintah yang menarik, terutama pada SBN. Menurut dia, imbal hasil Indonesia lebih menarik dibanding Amerika Serikat, Mexico, India, maupun negara Asia lainnya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement