Harga Cabai & Ayam Turun pada Pekan Keempat, BI Ramal Inflasi 0,18%

Agatha Olivia Victoria
24 April 2020, 19:14
BI, inflasi, harga pangan, harga cabai, harga daging ayam
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi. Harga daging ayam pada pekan keempat April tercatat menurun sehingga menyumbang deflasi.

Bank Indonesia memperkirakan inflasi April 2020 akan mencapai 0,18%. Perkiraan tersebut lebih rendah dari pekan sebelumnya akibat turunnya harga cabai merah hingga ayam ras di pekan keempat bulan ini.

Berdasarkan survei pemantauan harga BI, inflasi secara tahun kalender akan sebesar 0,94% dan secara tahunan 2,78%.

"Pantauan inflasi pada minggu keempat April 2020 lebih rendah dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Terutama akibat turunnya harga cabai merah, daging ayam ras, bawang putih dan harga jeruk," tulis Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (24/4).

Secara perinci, komoditas yang menyumbang deflasi, yakni cabai merah -0,11%, daging ayam ras -0,08%, serta telur ayam ras, bawang putih, dan angkutan udara masing-masing sebesar -0,01%.

Sementara sejumlah komoditas  yang masih mengalami kenaikan harga dari minggu sebelumnya, yaitu bawang merah dan air minum kemasan. Perinciannya, bawang merah menyumbang inflasi 0,12%, emas perhiasan 0,09%, jeruk 0,05%, gula pasir 0,02%, air minum kemasan 0,02%, tempe, tahu mentah, beras, dan rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,01%.

(Baca: Harga Gula Capai Rp 20 Ribu, Kemendag Evaluasi Harga Eceran Tertinggi)

BI akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran virus corona dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.

Selain itu, langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh akan terus dipikirkan. Terutama untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...