Ilmuwan Inggris Mulai Uji Coba Kandidat Vaksin Virus Corona ke Manusia

Ameidyo Daud Nasution
24 April 2020, 13:39
vaksin, virus corona, inggris
ANTARA FOTO/Moch Asim
Penelitian struktur pernapasan kelelawar di Surabaya, Jawa Timur, Senin (10/2/2020). Ilmuwan Inggris telah memulai uji coba vaksin Covid-19 pada Kamis (23/4).

Ilmuwan di Inggris telah memulai uji coba vaksin virus corona Covid-19 kepada manusia pada Kamis (23/4). Pengujian antivirus bernama ChAdOx1 nCoV-19 dilakukan tim peneliti Universitas Oxford pada dua orang sukarelawan.

ChAdOx1 berasal dari virus flu simpanse yang telah dilemahkan dan tidak dapat menginfeksi manusia. Ilmuwan lalu menggunakan protein SARS-CoV-2 pada vaksin ChAdOx1 ini untuk membentuk antibodi terhadap Covid-19.

Advertisement

Prof Andrew Pollard, Direktur Oxford Vaccine Group mengatakan pihaknya mengejar target pengembangan vaksin pada gelombang pertama pandemi Covid-19. Ini agar mereka mengetahui dampak antivirus ini ketika digunakan langsung di tengah masyarakat.

“Dan kami berpikir bahwa akan ada lebih banyak kasus di masa depan karena virus ini belum hilang,” kata Pollard dikutip dari BBC, Jumat (24/4).

(Baca: Singapura Targetkan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Dimulai Agustus )

Jika hasil pengujian berjalan sesuai rencana, mereka akan menggelar uji coba serupa kepada 5.000 sukarelawan. Tim dari Oxford ini juga yakin risiko bahaya dari vaksin ini sangat minim. Targetnya pada September mendatang sudah ada 1 juta dosis yang akan disiapkan demi menangkal Covid-19.

“Kami harus pastikan memiliki dosis yang cukup untuk menyediakan bagi mereka yang membutuhkan. Tidak hanya di Inggris, tapi juga di negara berkembang,” kata Pollard.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement