Investor Asing Obral Saham Lebih Rp 1 Triliun, IHSG Ditutup Anjlok 2%

Image title
24 April 2020, 17:07
ihsg hari ini, aliran modal asing, saham
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
IHSG kembali tertekan dengan koreksi 2,12% pada perdagangan Jumat (24/4) diikuti dengan larinya modal asing lebih dari Rp 1 triliun.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan terakhir di pekan ini, Jumat (24/4), ditutup dengan koreksi sebesar 2,12% ke level 4.496,06. Penurunan tersebut sejalan dengan arus modal asing yang mengalir deras keluar dari pasar saham.

Berdasarkan data RTI Infokom, investor asing tercatat melakukan penjualan bersih (net sell) saham mencapai Rp 1,09 triliun. Tiga saham dari sektor usaha perbankan menjadi saham yang menjadi sasaran jual investor asing.

Di urutan teratas saham yang paling banyak dijual asing yaitu saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dengan net sell Rp 405,76 miliar. Saham bank swasta terbesar ini ditutup anjlok hingga 3,91% menjadi Rp 24.600 per saham.

Kemudian, saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) juga dilego oleh investor asing dengan net sell mencapai Rp 344,16 miliar. Saham ini pun harus terjun hingga 6,07% ke level 2.630 per saham.

(Baca: Pengujian Obat Corona Gagal, IHSG dan Bursa Saham Asia Berguguran)

Lalu saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) juga dijual investor asing cukup besar meski tidak sebesar BCA atau BRI. Net sell asing pada saham ini hanya Rp 59,44 miliar. Saham bank milik pemerintah ini pun turun hingga 4,89% menjadi berada di level Rp 4.280 per saham.

Secara total, memang sektor finansial pada perdagangan hari ini paling memberatkan laju indeks. Pasalnya, saham-saham di sektor ini turun 3,61%. Sektor lainnya yang turun pada perdagangan hari ini berasal dari sektor properti yang turun hingga 3,46%.

Saham yang turun di sektor properti seperti PT Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL) yang turun 6,75% menjadi Rp 5.875 per saham. Lainnya, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) juga turun hingga 6,92% menjadi Rp 350 per saham.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...