Empat Saran Bank Dunia Agar Ekonomi Indonesia Cepat Pulih dari Pandemi

Fahmi Ahmad Burhan
26 April 2020, 08:20
Mari Elka Pangestu
twitter.com/Mari_Pangestu

Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mengalami perlambatan tahun ini. Agar ekonomi Indonesia cepat pulih akibat pandemi corona, Bank Dunia menyarankan pemerintah memberikan subsidi bagi usaha kecil, dan insentif bagi perusahaan besar.

Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Aaditya Mattoo mengatakan, guncangan ekonomi saat pandemi dirasakan secara global. Meskipun beberapa negara bisa selamat dari resesi, namun tetap saja akan ada perlambatan. 

Advertisement

Bahkan, Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini hanya sampai 2,1% secara tahunan (year on year/yoy). Padahal Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi sampai 4,2 sampai 4,6% tahun ini. "Ini wabah yang besar. Sangat sulit bagi negara untuk bisa pulih dengan baik," kata dia dalam video conference pada Sabtu (24/4). 

(Baca: 5 Tips Jalankan Usaha di Tengah Pandemi Covid-19)

Menurut Mattoo, pemerintah harus merespons pandemi ini dengan kebijakan yang benar-benar progresif. Berikut beberapa anjurannya:

1. Pertahankan physical distancing

Mattoo menyarankan pemerintah Indonesia terus mempertahankan kebijakan jaga jarak fisik (physical distancing). Malah, apabila diperlukan, Pemerintah bisa ambil tindakan lockdown.

Memang menurutnya akan terjadi tarik ulur (trade-off). Sebab, ketika dua perlima populasi dunia menerapkan lockdown yang membuat bisnis dan transportasi tutup. Bagaimanapun, hal itu dinilainya penting demi menekan risiko penyebaran covid-19.

2. Subsidi upah UMKM

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terpukul oleh physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Memberikan subsidi akan menghindarkan kelompok usaha ini dari kebangkrutan. "Bantuan tunai dapat membantu UMKM agar bertahan. Subsidi upah dapat mempercepat pemulihan perusahaan," ujar dia. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement