Masuk Ramadan, Tokopedia Luncurkan Tiga Layanan untuk Dorong Transaksi

Cindy Mutia Annur
27 April 2020, 17:41
Masuk Ramadan, Tokopedia Luncurkan Tiga Layanan untuk Dorong Transaksi
tokopedia
Ilustrasi platform Tokopedia

Startup e-commerce, Tokopedia meluncurkan tiga layanan untuk mendorong transaksi di saat ramadan. Ketiganya yakni aplikasi Tokopedia Seller, fitur Tokopedia Play, dan Beli Langsung.

AVP of Product Tokopedia Priscilla Anais mengatakan, ketiga fitur tersebut dikaji sejak tahun lalu. Sebelum merilis ketiganya, perusahaan menyurvei konsumen dan mitra penjual.

"Ini berfokus kepada  pengalaman pelanggan (customer experience) dan menunjang produktivitas para mitra penjual kami," ujar Priscilla saat video conference, Senin (27/4).

(Baca: Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada Beri Diskon Ramadan hingga 99%)

Saat ini, perusahaan memiliki 90 juta pengguna aktif setiap bulan di platform-nya. Tokopedia juga menggaet lebih dari 7,8 juta mitra penjual, yang setengah di antaranya mengelola bisnis lewat aplikasi.

Tokopedia Seller merupakan dashboard untuk memantau aktivitas dan informasi terbaru terkait penjualan dalam satu layar. Di dalamnya terdapat tools navigasi untuk mengakses fitur penting dengan mudah, dan quick reply chat supaya bisa membalas pelanggan dengan cepat tanpa membuka aplikasi. 

Ada pula weekly summary sales and order yang memudahkan penjual melihat ringkasan penjualan, performa toko, pesanan, serta kendala transaksi. Namun, aplikasi Tokopedia Seller baru tersedia di perangkat android, belum untuk iOS.

Mitra penjual juga tidak dipungut biaya saat mengakses platform tersebut. (Baca: Hari Belanja Brand Lokal, Pesta Diskon Lebih dari 1.000 Merek Nasional)

Lalu, Tokopedia Play atau fitur untuk menikmati pengalaman berbelanja langsung atau live shopping. Dengan begitu, pembeli dapat berinteraksi dengan para kreator konten dan langsung membeli produk lewat live streaming.

"Perbedaan dengan fitur sejenis di e-commerce lain, yakni dari segi kualitas video akan disesuaikan berdasarkan kecepatan koneksi internet pelanggan,” kata Head of Product Tokopedia Play Cynthia Limin.

Terakhir, fitur Langsung Beli untuk mempermudah dan mempercepat proses berbelanja, khususnya untuk pembelian yang bersifat impulsif. "Dengan fitur ini, pelanggan dapat menyelesaikan transaksinya hanya dengan satu klik," ujar Head of Product Purchase Platform Tokopedia Deo Nathaniel.

Informasi alamat, metode pengiriman, dan pembayaran dapat secara otomatis direkomendasikan sesuai preferensi atau kebiasaan masing-masing pembeli. Namun, fitur ini belum tersedia bagi seluruh pelanggan.

Sebab, perusahaan masih memastikan fitur baru tersebut bisa berjalan lancar atau tidak. (Baca: Penjualan Kopi Anjlok 90% Efek Corona, Menteri Wishnutama Beri 3 Tips)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...